Sekilas Kiprah Yusri Melon di Dunia Pertanian

Yusri M. Yusuf (Yusri Melon)

BURUH tani mahasiswa rakyat miskin kota, Bersatu padu rebut demokrasi, Gegap gempita dalam satu suara, Demi tugas suci yang mulia. kutipan bait Mars buruh tani menjadi sebuah boncahan semangat bagi petani di Kabupaten Pidie Jaya.

Ir. H. Yusri Yusuf atau lebih dikenal dengan Yusri Melon merupakan salah satu penggiat pertanian di Kabupaten yang terkenal dengan Sawah dan laut serta sebagai motivator para pelaku petanian di Nanggroe Iskandar Muda.

Mengawali karir dibidang pertanian sampai saat ini masih aktif dan fokus bidang pertanian. Keseriusan beliau dalam dunia pertanian mendapat penghargaan Nasional tahun 1995 sebagai petani teladan  dan 1997 sebagai pelopor pembangunan pertanian Nasional.

Sosok laki – laki ini sukses dalam menggerakkan sektor pertanian baik secara Comunty dan  Universal, sehingga kita tak heran bila melihat kinerja Yusri Melon yang merupakan sosok yang suka bergaul dan sosialisasi, sehingga kita melihat sejumlah organisasi baik besar maupun kecil dari dulu sampai saat ini masih aktif dalam organisasi pertanian. Bagi Yusri sistem organisasi merupakan the first university dari pada pendidikan formal.

Keberhasilan Yusri dalam dunia pertanian bukan Cuma di Kabupaten Pidie Jaya akan tetapi sudah melalang buana di kancah Nasional maupun Internasinal, terbukti dengan beberapa piagam yang dia pegang saat ini seperti beliua menjadi supervisor di Brunai Darussalam , Jepang dan Indonesia, berkat dukungan keluarga dan kerabat serta sahabat yang mendukung dia dalam berkiprah di dunia pertanian, sampai hari ini nama Yusri Melon sudah melekat di kaum petani baik Pijay maupun Pidie, yang bernaung dalam orgnisasi GEUNTA (Geurakan Petani Seujahtra). [*]


PENDIDIKAN

  • SD Negeri 1 Meuredu;
  • SMP Negeri 1 Meureudu;
  • SMA Negeri 2 Banda Aceh;
  • Penguruan Tinggi Universitas Syiah Kuala Fakultas pertanian;

Penulis: N4S

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here