Ini 3 Kebiasaan Buruk di Media Sosial Bikin Engga Percaya Diri

Ini 3 Kebiasaan Buruk di Media Sosial Bikin Engga Percaya Diri
0 Komentar

JAKARTA-Media sosial (medsos) tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern, terutama para generasi milenial. Selain sebagai media komunikasi, medsos memiliki banyak manfaat lainnya seperti wadah untuk berkreasi dan sebagai mata pencaharian.

Di tengah pandemi corona, pembatasan aktivitas di luar rumah tentunya meningkatkan pengguna media sosial secara drastis. Akibatnya, ketergantungan terhadap medsos semakin tinggi. 

Kecanduan terhadap media sosial dapat mengakibatkan sejumlah dampak buruk, sehingga kamu harus bijak dalam menggunakannya. Sebab, ada beberapa kebiasan buruk dalam menggunakan medsos yang jutsru bisa menurunkan rasa percaya dirimu. Berikut ulasannya. 

Membandingkan diri dengan orang lain

Baca Juga:Harga BBM di Indonesia Termurah di Asia Tenggara Meski Harga Minyak Dunia TurunKabar Gembira: Login di www.pln.co.id Dapatkan Token Listrik Gratis PLN, Pelanggan 1.300VA dan 900VA Berpeluang Diskon

Media sosial dipenuhi dengan orang-orang yang memposting hal-hal menyenangkan seperti momen liburan, makanan, hingga pamer kemesraan. Tanpa disadari, hal ini bisa membuatmu membandingkan diri dengan orang lain, dan muncul rasa iri. Padahal, hal-hal indah yang diunggah di medsos belum tentu sesuai dengan kenyataan. 

Terbawa perasaan (baper)

Saat mengunggah sesuatu, pastinya kamu mengharapkan respon yang baik. Namun, saat kamu hanya mendapat sedkit like dan komen, bisa saja kamu merasa sedih dan baper. Selain itu, komentar-komentar di medsos terkadang dipenuhi kata-kata yang negatif sehingga bisa membuatmu tersinggung. 

Realitas palsu

Foto atau video yang diunggah di medsos biasanya sudah banyak di-edit, diberikan filter, atau dibuat-buat. Hal tersebut dapat menciptakan realitas palsu yang tidak sesuai dengan kehidupan nyata. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam realitas palsu tersebut. (*)

0 Komentar