Wakil Presiden Ma’ruf Amin: Betapa Lemahnya Tata Kelola Kesehatan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin: Betapa Lemahnya Tata Kelola Kesehatan
0 Komentar

JAKARTA – Tata kelola sistem kesehatan di Indonesia masih sangat lemah. Begitu juga dengan dunia. Sebagai buktinya, pandemi COVID-19 mengakibatkan krisis kesehatan yang belum pernah ada sebelumnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan adanya pandemi COVID-19 membuka fakta bahwa tata kelola kesehatan, baik di Indonesia maupun negara lain, masih sangat lemah. Seluruh negara tak mampu mengatasi krisis kesehatan yang berdampak luas ini.

“Belajar dari krisis kesehatan ini pula, tampak benderang di depan mata kita, betapa lemahnya tata kelola kesehatan, baik di tingkat nasional maupun global,” tegasnya saat memberi sambutan pada Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) Tahun 2020 secara virtual, Rabu (23/9).

Baca Juga:Indonesia Resesi, Begini Kata Dahlan IskanMAKI Harap KPK Usut Motif Saksi R Antarkan Pinangki Bertemu Djoko Tjandra

Dilanjutkannya, pandemi COVID-19 telah menyebabkan terjadinya krisis kesehatan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Jadi menurutnya, sangat wajar bila Dana Moneter Internasional atau IMF menyebut pandemi ini sebagai krisis yang tidak ada bandingannya.

Menurutnya untuk menghadapi dan mengatasi krisis kesehatan global, diperlukan kerja sama antarnegara dan berbagai pihak. Sebab setiap negara termasuk Indonesia tak mampu menyelesaikan persoalan pandemi COVID-19 sendirian.

“Pemerintah menyadari tidak mungkin bisa mengatasi pandemi ini sendirian. Kerja sama atau gotong royong antara unsur-unsur negara dan seluruh lapisan, menjadi kata kunci kesuksesan mengatasi pandemi ini,” jelasnya.

Ma’ruf Amin juga mengingatkan dalam mengatasi krisis akibat pandemi ini keselamatan jiwa masyarakat harus menjadi prioritas. Diakuinya, kesehatan masyarakat dan keberlangsungan ekonomi harus memang harus berjalan seimbang. Namun tetap harus ada yang lebih diutamakan.

“Bahkan, umpamanya diambil skala prioritas yang mana harus didahulukan jika dalam keadaan darurat? Jawabannya jelas dan tegas, dahulukan untuk menyelamatkan jiwa,” katanya.

Perlindungan terhadap keberlangsungan hidup manusia atau hifdzun nafs harus menjadi hal utama yang diberikan oleh pemimpin di masa pandemi saat ini.

“Sesuai dengan prinsip taqdimu daf’il addhararil a’la ‘ala dhararil adna, mendahulukan penangkalan bahaya yang lebih besar daripada bahaya yang lebih kecil,” tambahnya.

Baca Juga:10 Action Plan Untuk Djoko Tjandra, Pinangki Cantumkan Nama Jaksa Agung dan Eks Ketua MASalim Said: DN Aidit Tuding Bung Hatta Provokator Peristiwa Madiun

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan untuk menangani dan mengatasi pademi COVID-19 pemerintah terus bersinergi dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan para akademisi dari Universitas Indonesia (UI) dan para ahli kedokteran.

0 Komentar