Detik-Detik Tamatnya Era Saudi Arabia

Detik-Detik Tamatnya Era Saudi Arabia
Putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada KTT Arab di Makkah, 31 Mei 2019. (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)
0 Komentar

JELANG peringatan dua tahun pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi yang disponsori negara, Arab Saudi terus mengalami kemunduran, kehilangan arah dan pengaruh di kawasan Teluk dan Timur Tengah.

Lebih dari 50 tahun setelah kerajaan Saudi mulai naik ke ketenaran regional dan internasional sebagai anggota utama OPEC dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), sekarang Arab Saudi berada di jalur penurunan yang stabil, tulis Marwan Bishara dalam opininya di Al Jazeera.

Menjadi rumah bagi situs-situs Islam paling suci dan cadangan minyak terbesar kedua di dunia, kebijakan salah arah Arab Saudi menyia-nyiakan pengaruh agama dan keuangan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

Baca Juga:Saat Ramai Aksi Tolak UU Ciptaker, Inilah Aktivitas Jokowi di Kalimantan TengahBNPB Ingatkan Selatan Bali Berpotensi Gempa Magnitudo 8,8

Lima tahun terakhir ini sangat menyakitkan dan merusak. Apa yang dimulai sebagai dorongan yang menjanjikan dan ambisius oleh Pangeran Mohammed Bin Salman (MBS), segera berubah menjadi upaya yang sembrono.

Dipandu terutama oleh mentornya, pangeran keras lainnya, Mohammed Bin Zayed (MBZ) dari Uni Emirat Arab (UEA), MBS meruntuhkan kerajaan rata dengan tanah.

Ironisnya, tidak ada yang lebih membuktikan kemunduran Arab Saudi selain kebangkitan mendadak mitra juniornya sebagai kekuatan regional yang suka berperang, mencampuri Libia dan Tunisia, serta mendukung diktator dan penjahat perang, seperti Abdel Fattah el-Sisi dari Mesir dan Bashar al-Assad dari Suriah.

Dengan Riyadh yang dilumpuhkan oleh sebagian besar pukulan yang dilakukan sendiri, Abu Dhabi dengan ceroboh berlari ke depan dan menyeret Arab Saudi bersamanya.

Ini juga terbukti dalam dukungan MBS untuk langkah MBZ untuk menghubungkan keamanan Teluk dengan Israel, sebagai cara untuk melindungi aturan dan pengaruh regional mereka, lanjut Marwan Bishara.

Ini adalah pembalikan peran yang mencengangkan, mengingat Arab Saudi mulai menjadi terkenal secara regional dan global pada akhir 1960-an, bahkan sebelum UEA muncul.

Kebangkitan awal Arab Saudi dapat ditelusuri mulai jatuhnya proyek pan-Arab Mesir setelah bencana perang 1967, dan kematian pemimpinnya Gamal Abdel Nasser pada 1970.

Baca Juga:Sebar Berita Bohong Soal Omnibus Law,Pemilik Akun @videlyaeyang Terancam 10 TahunDituding Bantu Mahasiswa Demonstrasi, Begini Komentar Pangdam Jaya

Sebagai anggota terkemuka OPEC, Arab Saudi menyelenggarakan pertemuan pertama OKI pada 1970 untuk memperbesar pengaruhnya di luar Liga Arab, yang pada saat itu didominasi oleh rezim sekuler yang bersahabat dengan Soviet, terutama Mesir, Irak, dan Suriah.

0 Komentar