Inilah Kisah Kapten Tim KIII JKT48 Saat Mencapai Puncak Semeru

KLIKSATU.COM, JAKARTA – Kapten Tim KIII JKT48 Ratu Vienny Fitrilya ikut mencatatkan diri sebagai perempuan yang berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di pulau Jawa, yakni Semeru. Selama 2,5 hari melakukan perjalanan, dari Ranu Pani, Ranu Kumbolo, dan Kalimati, dia sampai di puncak Mahameru pada Rabu (12/7).

Pada Sabtu (15/7), Vinny -sapaan akrabnya- menceritakan pengalaman mendaki pertamanya kepada Jawa Pos. Untuk informasi, pendakian itu dia lakukan sebagai rangkaian menuju konser tunggal Tim KIII JKT48 Jangan Kasih K3ndor yang digelar 29 Juli nanti.

Perjalanan mendaki Gunung Semeru secara literal adalah perlambangan bahwa dia dan Tim KIII bisa mencapai ”puncak”. ’’Harapannya, teammates aku di Team KIII juga termotivasi menaklukan gunung-gunung atau tantangan dalam hidup mereka,’’ ujarnya.

Selama pendakian, Vinny mengatakan banyak kejadian menarik saat dia mulai melangkahkan kaki menuju puncak gunung dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut itu. ’’Paling seru, saat lihat langit bertaburan bintang di Kalimati. Itu pertama kali aku melihat langit yang sangat bersih. Mungkin, itu bisa jadi salah satu alasan aku untuk kembali,’’ katanya.

Selain itu, Vinny juga ingat betul pengalaman saat hari terakhir bermalam di Ranu Kumbolo. Tiba-tiba, angin dan hujan turun sangat deras dari siang hingga pagi hari. Itu membuat dia harus tidur di tenda yang basah karena kondensasi dan suhu yang dingin.

Sebenarnya, tim sudah berusaha memasang fly sheet biar tidak bocor lagi. Tapi, apa daya. Anginnya terlalu kencang sampai akhirnya tidak ada yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kebocoran. ’’Ya sudah, aku nikmati saja,’’ katanya.

Lebih lanjut perempuan yang berulang tahun tiap 23 Februari itu menceritakan, ada banyak kekhawatiran saat dia melakukan perjalanan perdananya ke gunung. Misalnya, soal seperti apa di sana nanti, medan seperti apa yang akan dia hadapi. Tapi, ternyata malah jadi perjalanan yang luar biasa.

Walau memakan tenaga, kata Vinny, semuanya sepadan. Saat mulai persiapan untuk Summit Attack, ketakutan itu mulai muncul dari member generasi dua JKT48 itu. Sebab, perjalanannya ternyata panjang sekali. Dari gelap hingga Matahari di atas kepala.

Makanan manis menjadi andalan yang tidak boleh dia lewatkan saat melakukan pendakian. Terutama, kurma, madu, dan cokelat. Kata si gadis artistik itu, segala makanan manis bisa menambah tenaga seketika. ’’Sejujurnya aku itu takut dengan ketinggian. Rasanya dari semua hal, mengalahkan rasa takut itu yang paling sulit,’’ terangnya.

Dia sadar, misi mencapai puncak Semeru bukan hal yang bisa diraih dengan mudah. Namun, dia yakin, meski sulit bukan berarti tak bisa dilakukan. Dia harus melakukan latihan ekstra keras untuk membuatnya bisa melewati batas diri yang selama ini disadarinya. ’’Dukungan dari para member, staff, dan teman-teman yang mendukung JKT48 juga sangat membantu aku,’’ imbuhnya.

Itulah kenapa, setelah sampai puncak Semeru, dia merasa sangat lega. Apalagi, ketika dia berhasil memasang bendera Tim KIII. Sebab, dia juga naik ke atas gunung dengan membawa banyak harapan dari teman-teman, keluarga, dan para penggemar. Dia senang, bisa membawa kabar bahagia untuk mereka.

’’Walau katanya puncak adalah bonus. Bersyukur Tuhan memberi kesempatan aku menginjakan kaki di puncak Gunung Semeru. Lelah pendakian bahkan sudah terlupakan saat pertama kali menjejakan kaki di puncak,’’ terangnya.

Mendapat pengalaman berharga, membuat gadis 21 tahun itu tidak kapok untuk melakukan pendakian lagi. Katanya, kalau ada kesempatan lagi dia pasti mau main ke gunung lagi. Bahkan, dia sudah menyiapkan gunung lain untuk didaki. ’’Sempat cerita-cerita soal Gunung Rinjani, jadi ada pikiran mau ke sana. Semoga bisa terwujud,’’ tuturnya.

Dia berharap, langkah kakinya mencapai puncak Gunung Semeru bisa dilihat, bahwa dirinya dan Tim KIII dalam menyiapkan konser Jangan Kasih K3ndor tidak main-main. Itu terlihat dari usaha keras para member untuk tetap berlatih sekuat tenaga ketika dia menuju Semeru.

’’Selain itu, teman-teman fans juga berjuang keras untuk mewujudkan konser ini. Semoga Team KIII bisa benar-benar ada di puncak, seperti bendera yang aku kibarkan di puncak tertinggi Pulau Jawa,’’ katanya percaya diri. [*]


| Sumber: Jawapos.com

 

Tinggalkan Kami Pesan

Jadilah yang Pertama untuk Komentar!

Notify of
avatar
wpDiscuz