SMA 2 Gunung Meriah di Sambangi Tim Polisi Saweu Sikula

KLIKSATU.COM, RIMO – Polda dan Dinas Pendidikan Aceh kembali melaksanakan kegiatan Polisi Saweu Sikula tahun 2017, kegiatan yang dilaksanakan pada Senin 24 Juli 2017 di sekolah SMAN 2 Gunung Meriah, Kec. Gunung Meriah, Aceh Singkil tersebut menghadirkan pemateri dari jajaran polda Aceh dan Polres Aceh Singkil.

Dalam arahanya kepada 235 peserta upacara SMAN 2 Gumer, AKBP Amiruddin Mahmud Kasubditkerma Ditbinmas Polda Aceh menyampaikan tugas-tugas kepolisian diantaranya melakukan tindakan pencegahan tindak kejahatan pada siswa.

“Kegiatan Polisi Saweu Sikula ini dilaksanakan berdasarkan MoU anatara Polda dan Dinas Pendidikan Aceh, untuk pencegahan kenakalan remaja dan penyalah guanaan narkoba dikalangan siswa” kata Amiruddin.

Menurut Kasat Binmas  Polres Aceh Singkil, Simon Purba, kenakalan remaja dan penyalahgunaan Narkoba dikalangan siswa di Aceh Singkil tergolong tinggi. Menurutnya, bahkan ada dikalangan siswa yang dijadikan sebagai pengedar oleh bandar.

“Disini yang paleng tinggi kasusnya itu penyalah gunaan narkoba jenis ganja di kalangan siswa. Bahkan ada siswa yg dijadikan pengedar, tapi kalau sabu-sabu belum ada” kata Simon.

Menurunya, kegiatan polisi saweu sikula efektif menekan angka kenakalan remaja dan penyalah gunaan narkoba dikalangan siswa. Polres Singkil menurutnya rutin mengadakan apel senin pagi disekolah-sekolah yang dipilih.

“Paling tidak saat mereka mau melakukan kejahatan, mereka akan berpikir dua kali, karna mereka sudah kita sosialisasikan konsekwensi hukumya” kata Simon.

Menurut Saiful Hidayat, Kepala SMAN 2 Gunung Meriah, masalah utama disekolahnya adalah kurangnya kedisplinan siswa dan rendahnya minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Disini siswa masih kurang displin, sering terlambat datang kesekolah. Dan mereka ini kecil sekali minatnya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi” kata Saiful.

Ahmat Satria siswa kelas 3 IPS menuturkan, bahwa kegiatan polisi saweu sikula disekolahnya menarik dan antusias diikuti oleh siswa. Namun  menurutnya kombinasi materi yang disampaikan oleh pemateri membuat siswa bisa terasa bosan.

“Materinya itu-itu aja, kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba terus. Maunya kami ada materi masalah bullying pada siswa dan pendidikan seks pada remaja” katanya.

Semantara Andreanta Pasaribu, ketua Osis Sman 2 Gunung Meriah, membenarkan, siswa disekolah trsebut masih kurang disiplin dan kurang berminat melanjutkan ke perguruan tinggi, penyebabnya karna siswa kurang melek informasi, mengingat sekolahnya termasuk berada di pedalaman.

“Siswa disini memang masih rendah kesadaran dan minat ke perguruan tinggi karena mereka kurang melek informasi” kata Andreanta. [*]


Kontributor: Maakrif Syahed

Tinggalkan Kami Pesan

Jadilah yang Pertama untuk Komentar!

Notify of
avatar
wpDiscuz