Gampong Paya Tumbi Juara Lomba Perpustakaan Nasional

KLIKSATU.COM, TAKENGON – Perpustakaan Gampong Paya Tumpi Baru, Aceh Tengah masuk lima besar nominasi dalam lomba perpustakaan Gampong terbaik tingkat nasional yang di adakan perpustakaan nasional republik Indonesia.

Sebelumnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh telah menetapkan perpustakaan gampong Paya Tumpi sebagai perpustakaan terbaik tingkat provinsi Aceh, menyisihkan sekitar 6000 an perpustakaan gampong lainnya yang ada di Aceh.

Perpustakaan gampong Paya Tumpi Baru masuk lima besar nominasi perpustakaan terbaik kelompok B tingkat Nasional dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

“Terpilihnya perpustakaan gampong Paya Tumpi Baru ini, menjadi modal besar bagi Aceh, dengan program pemerintahan menuju Aceh Beucarong, karena untuk menuju masyarakat yang pintar, kita tidak dapat mengesampingkan perpustakaan sebagai taman membaca,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh, Zulkifli, Spd, Mpd, dalam sambutannya saat kunjungan tim juri lomba perpustakaan gampong tingkat nasional dari perpustakaan nasional republik Indonesia, Rabu (26/7) di gampong Paya Tumpi Baru yang juga turut dihadiri Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs. Khairul Asmara dan Bupati Aceh Tengah terpilih Drs. Isabela.

Zulkifli mengharapkan kedepannya, perpustakaan – perpustakaan gampong yang ada di Aceh dapat tergerak untuk terus berkembang memberikan kontribusinya dalam mendukung program pemerintahan dan mencerdaskan masyarakatnya.

“Kehadiran perpustakaan gampong saat ini cenderung dipandang sebelah mata, oleh karena itu dengan adanya upaya apresiasi dari pemerintah salah satunya dengan diadakan lomba ini, kedepannya akan lahir perpustakaan – perpustakaan gampong yang bermutu,” ujarnya.

Hingga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan perpustakaan untuk mencari berbagai ilmu, dan keterampilan hingga hadirnya masyarakat yang bermutu, dan berwawasan.

Kedepannya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terus menelurkan program – program mendukung tumbuhnya perpustakaan – perpustakaan yang bermutu, hingga dapat mewujudkan visi dan misi Gubernur/Wakil Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah menuju Aceh Beucarong.

Bupati Aceh Tengah terpilih, Drs. Isabela juga menyatakan dukungannya untuk terus memperhatikan dan mendukung program – program dalam mencerdaskan masyarakat Aceh Tengah melalui perpustakan – perpustakaan gampong yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam acara kunjungan tim juri lomba perpustakaan gampong tingkat nasional dari perpustakaan nasional republik Indonesia tersebut, juga dilakukan pemberian buku bantuan untuk 12 perpustakaan gampong yang ada di Kabupaten Aceh Tengah, yang diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh.

Perpustakaan gampong Paya Tumpi Baru berpeluang menjadi Perpustakaan gampong terbaik tingkat Nasional.

Sementara itu tim juri lomba perpustakaan gampong tingkat nasional dari perpustakaan nasional republik Indonesia, Dr. Zulfikar Zen, MA. menyatakan Perpustakaan gampong Paya Tumpi Baru sangat berpeluang terpilih menjadi Perpustakaan gampong terbaik tingkat nasional, dimana perpustakaan ini mengoleksi 1295 judul buku dengan jumlah buku 2217 eksemplar buku yang bisa dibaca oleh warganya setiap hari.

Zulfikar Zen, mengharapkan lomba ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang gagah-gagahan saja, namun harus menunjukan kontribusinya bagi masyarakat setempat. “Pemerintahan daerah juga harus tetap mendampingi dan memprogramkan bagi perpustakaan gampong lainnya,” harapnya.

Perpustakaan gampong Paya Tumpi Baru menuju perpustakaan gampong terbaik akan ditentukan hanya dengan beberapa tahap lagi, yaitu tahap penjurian lapangan dan presentasi pengelola perpustakaan di tingkat nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Presentasi akan dilakukan Kasirin sebagai pengelola perpustakaan, dan acara seremonial pengumuman pemenang akan langsung disiarkan salah satu Televisi Nasional. [*]


Editor: Yusri Razali

Tinggalkan Kami Pesan

Jadilah yang Pertama untuk Komentar!

Notify of
avatar
wpDiscuz