Petani Aceh Belajar Pertanian di Thailand

Pemuda Tani Indonesia Berfoto di Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok

KLIKSATU.COM | BANGKOK – 10 Pemuda Tani Indonesia termasuk Pemuda Tani Aceh yang tergabung dalam DPN Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan DPP Pemuda Tani Indonesia belajar Pertanian di Thailand. 10 petani tersebut merupakan petani perwakilan dari beberapa Provinsi di Indonesia

Ketua Umum HKTI Fadli Zon menyampaikan bahwa, “para petani yang di berangkatkan ini, nantinya akan menjadi pelatih bagi petani lain di daerahnya. Jadi, agenda ini semacamTraining Of Trainers”, ujar Fadli yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR-RI.

“Selain meningkatkan ketrampilan bercocok tanam dan pasca panen, pelatihan ini juga ditujukan untuk menyiapkan regenerasi petani. Kembali ke daerahnya, para peserta harus melatih petani-petani muda,” kata Fadli Zon.

Sependapat dengan Fadli Zon, Fary Francis selaku Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia mengatakan, “komitmen kami sebagai organisasi pemuda adalah mendorong sebanyak – banyaknya generasi muda untuk terjun kedalam dunia pertanian dan dapat menjadi petani yang sukses”, menurut Fary yang juga Ketua Komisi V DPR-RI.

Melalui kegiatan ini di harapkan petani yang berangkat terutama petani muda dapat mengembangkan usaha pertaniannya sehingga dapat menjadi contoh bagi generasi muda dan dapat melatih petani lainya.

Faisal Ilyas, pemuda Tani Aceh mengungkapkan, Pertanian di Thailand basisnya adalah organik, dan proses produksi nya sangat baik dan telaten, selain sinergitas yang baik antara pemerintah, akademisi dan petani selaku aktor utama, tagline nya saja “kitchen of the world”

Lantas, rombongan yang dipimpin oleh R.S.Suroyo selaku Pengurus DPN HKTI sekaligus Ketua Harian DPP Pemuda Tani Indonesia ini akan menimba ilmu di Kyusei Nature Farming Center Saraburi Thailand. [*]


Penulis: Faisal Ilyas

Tinggalkan Kami Pesan

Jadilah yang Pertama untuk Komentar!

Notify of
avatar
wpDiscuz