Pelayanan Disdukcapil Pijay Amburadul

Zulkifli BI, Aktivis Muda
Kliksatu.com, Pidie Jaya – Kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), mendapatkan sorotan tajam. Lantaran, semakin tidak profesional dalam melayani masyarakat Pijay. Khususnya dalam pembuatan administrasi kependudukan. Hal ini dilontarkan Zulkifli BI, Aktivis Muda, Kamis (4/8/2017).
Menurutnya, Pelayanan yang diberikan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil Pidie jaya perlu segera dievaluasi, lantaran saya menghabiskan waktu hampir satu bulan dalam mengurus KTP dan KK di instansi setempat, sebut Zul.
Tahapan proses yang saya lalui untuk pengurusan selembar KK dan KTP membutuhkan waktu sampai 4 kali bolak balik.
Dalam wawancara media ini dia bercerita  mengenai proses yang dilalui, pertama kasih berkas surat pindah dari gampong asal, berkas saya diambil dan dikasih faktur nomor antrian Minggu depan saya kembali, pas saya kembali pihak pelayan mengatakan saya sekalian melampirkan usulan pembuatan KK, saya urus lagi ditingkat Gampong dan saya kasih berkas lagi kepada kependudukan dan mereka mengatakan, Minggu depan saya harus kembali dan pada saat saya kembali mereka mengatakan saya harus mengambil surat pindah dari kependudukan Pidie, dan saya menyelesaikannya dan saya kembalikan berkas dengan lengkap dan diberikan limit waktu satu Minggu lagi pengurusan. Ungkapnya dengan nada kesal.
Disini saya melihat adanya tidak menguasai tatacara yang bisa diarahkan oleh pelayan kepada masyarakat supaya efektif dan efesien.
Saya perhatikan dengan seksama satu persatu pegawai pelayanan, saya bisa pastikan manajemen dan pelayan yang diberikan kepada masyarakat sama sekali tidak sesuai dengan standar oprasional prosedur pelayanan,
sesuai dengan qanun nomor 8 tahun 2008 dan undang undang no 25 tahun 2009, setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan prima dan pihak pelayan juga wajib memberikan pelayanan, efektif dan efesien.
Kita berharap supaya kepala dinas kependudukan untuk segera mengevaluasi kinerja bawahannya.
Dalam satu bulan ini pelayanan harus sudah lebih baik jika tidak maka kita meminta kepada bapak bupati/wakil bupati untuk dapat menyegarkan instansi tersebut agar masyarakat bisa lebih mudah berurusan dengan data warga negara. [*]

Editor: Yusri Razali

Tinggalkan Kami Pesan

Jadilah yang Pertama untuk Komentar!

Notify of
avatar
wpDiscuz