Uji Coba, Facebook Cegah Konten Eksploitasi Anak: Alat Kelamin Anak Digigit Binatang Bisa ‘Ditilang’

Uji Coba, Facebook Cegah Konten Eksploitasi Anak: Alat Kelamin Anak Digigit Binatang Bisa 'Ditilang'
Facebook
0 Komentar

BERITA-Facebook mengatakan sedang menguji lebih banyak alat untuk membantu jejaring sosial itu mencegah orang berbagi konten yang mengeksploitasi anak-anak.

Dilansir dari Engadget, salah satunya adalah pesan pop-up yang rencananya akan ditampilkan di seluruh aplikasi Facebook kepada orang-orang mencari konten terkait pelecehan seksual terhadap anak-anak. Peringatan itu merinci konsekuensi dari melihat konten itu dan memberikan informasi tentang bagaimana mendapatkan bantuan dari organisasi terkait.

Peringatan lain akan dimunculkan kepada orang-orang yang membagikan materi dari konten eksploitatif terhadap anak yang viral dan meme terkait. Peringatan itu memberitahu bahwa konten tersebut melanggar aturan Facebook bersama dengan konsekuensi hukum jika konten itu dibagikan.

Baca Juga:Hai Facebooker, Beredar ‘Pemblokiran Facebook’, Awas Jebakan Pencurian Kata SandiPerketat Penggunaan Senpi, Polri Larang Anggotanya Masuk Tempat Hiburan

Facebook akan menghapus konten tersebut dan melaporkannya ke National Center for Missing and Exploited Children (NCMEC), dan menghapus akun yang mempromosikan materi tersebut.

Facebook juga telah memperbarui kebijakannya tentang keamanan anak. Menurut kepala keamanan global Antigone Davis, Facebook akan menghapus “profil, Halaman, grup, dan akun Instagram yang didedikasikan untuk membagikan gambar anak-anak yang tidak bersalah dengan teks, tagar, atau komentar yang berisi tanda-tanda kasih sayang atau komentar yang tidak pantas tentang anak-anak yang digambarkan di foto.”

Meskipun gambar atau video yang dibagikan orang mungkin tidak melanggar aturan Facebook sendiri, Davis mencatat bahwa “teks yang menyertainya dapat membantu kami menentukan dengan lebih baik apakah konten tersebut bersifat seksual terhadap anak-anak dan apakah profil, Halaman, grup, atau akun terkait harus dihapus.”

Selain itu, perusahaan telah memperbarui menu pelaporannya di lebih banyak area di Facebook dan Instagram. Pengguna dapat memilih opsi yang disebut “melibatkan anak” di bagian Ketelanjangan dan Aktivitas Seksual.

Facebook mengatakan materi yang dilaporkan dengan cara ini akan menjadi prioritas bagi peninjau kontennya. Facebook juga telah mengadopsi API Keamanan Konten Google untuk mendeteksi kapan postingan mungkin berisi eksploitasi anak dan memprioritaskannya untuk ditinjau.

Perusahaan telah lama menggunakan berbagai sistem deteksi untuk membasmi konten yang mengeksploitasi anak-anak dan menemukan tindakan yang berpotensi tidak pantas terhadap anak-anak. Facebook mengatakan sedang mencari jaringan yang melanggar aturannya tentang eksploitasi anak, dengan cara yang mirip dengan cara menangani “perilaku tidak autentik terkoordinasi dan organisasi berbahaya.”

0 Komentar