Hari Mangrove Sedunia, Pantai Kejawanan Dihijaukan

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati saat menghadiri Hari Mangrove Sedunia tingkat Nasional dipusatkan di Kawasan pantai pelabuhan perikanan Nusantara Kejawanan, Kota Cirebon, Minggu (26/7).FOTO: REZA/KLIKSATU.COM

CIREBON-Hari Mangrove Dunia tingkat nasional dipusatkan di kawasan pantai Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Kejawanan, Kota Cirebon, Minggu (26/7).

Kegiatan yang digelar Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nusantara Kota Cirebon ini dihadiri Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, Forkompinda dan ribuan pegiat pecinta lingkungan hidup.

“Kondisi PPN Kejawanan sebagai salah satu lokasi wisata di Cirebon perlu mendapat perhatian terutama dalam penataan dan penghijauan di sekitar laut,”kata Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati.

Eti mengapresiasi kepedulian forum kepemudaan tersebut dalam aksi pelestarian lingkungan.

“Kami mengakui bahwa Pantai Kejawanan ini belum optimal, walaupun sudah menjadi tempat wisata. Kegiatan penanaman mangrove tidak hanya sebatas seremonial. Karena itu, aksi pemeliharaan mangrove pun perlu dilakukan,” ucapnya.

Sementara, Kasubdit Restorasi Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Heri Gunawan Daulai mengatakan, potensi dari mangrove cukup banyak diantaranya adalah mencegah abrasi, menjadi tempat hidup makhluk laut, menjadi tempat wisata dan lainnya.

“Ini merupakan gerakan pemuda yang luar biasa. Karena lahan sekitar 4 hektar di Kejawanan ini dihijaukan dengan mangrove,” terangnya.

Pihaknya akan memberikan dukungan penuh dalam meningkatkan kelestarian alam sekitar pesisir dan peningkatan ekonomi nelayan.

“Selain mangrove, kami juga akan melakukan bantuan-bantuan berupa dana ekonomi produktif untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di sekitar mangrove,”pungkasnya. (eza)

Editor: Antareza