Logo HUT RI 75 Dicat Warga Viral Dimedia Sosial

Logo HUT RI ke-75 Indonesia Maju

Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video viral spanduk logo HUT RI 75 dicat warga. Logo HUT RI 75 dituding mirip dengan lambang salib. Bahkan, muncul protes akibat kemiripan tersebut.

Padahal, dibalik kehebohan tersebut ada makna mendalam dari logo HUT RI 75. Makna tersebut disampaikan dalam Pedoman Identitas Visual yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) melalui situs resminya, kemhan.go.id.

Mengangkat tema Indonesia Maju logo HUT RI ke-75, setiap garis, lengkungan, dan bentuk di dalamnya memiliki maksud tertentu.

Bagian atas angka 7 yang berupa garis lurus memiliki arti kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang sama bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sedangkan bagian badan angka 7 pada logo HUT RI tidaklah lurus, ini melambangkan progres kerja dinamis untuk hasil optimal, tanpa menjadi luru dan kaku.

Kemudian bagian angka 5 yang terlihat seperti lingkaran hampir sempurna yang memiliki makna progres terus menerus yang nyata, serta selalu memperbaiki dan mengejar target.

Terinspirasi dari simbol perisai dalam Garuda Pancasila, bagian ini melambangkan kesatuan Indonesia. Dengan maksud Indonesia sebagai negara yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa, memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan.

Editor: Webmaster