Kapan Salat Tarawih Pertama 2022 & Mulai Tanggal Berapa Puasa Ramadhan?

Kapan Salat Tarawih Pertama 2022 & Mulai Tanggal Berapa Puasa Ramadhan?
0 Komentar

Di sisi lain, berkenaan dengan keputusan Kemenag, masyarakat masih menunggu sidang isbat yang dijadwalkan pada 1 April 2022 untuk menentukan jatuhnya 1 Ramadan. Dilansir Antara, sidang isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jakarta.

Penetapan bulan baru untuk kalender komariyah secara umum dapat menggunakan dua metode, yakni hisab (perhitungan astronomis) dan rukyatul hilal (mengamati secara langsung). Sidang Isbat yang akan digelar oleh Kemenag akan menggunakan kedua metode tersebut sekaligus.

Sidang isbat umumnya diawali dengan penyampaian laporan data hisab, kemudian, dilanjutkan dengan laporan rukyatul hilal di berbagai titik di seluruh Indonesia.

Baca Juga:Roman Abramovich Diracun?Suntik Vaksin Booster Saat Puasa Ramadhan, Apakah Membatalkan Puasa, Ini Penjelasan Dokter Reisa

Jika pada sidang isbat pada 1 April 2022 mendatang syarat bulan baru terpenuhi, Kemenag akan menetapkan 1 Ramadan jatuh pada 2 April 2022 dan salat tarawih dapat langsung dikerjakan malam itu juga (Jumat malam, 1 April 2022).

Kemudian, apabila syarat bulan baru tidak terpenuhi menurut Kemenag, maka 1 Ramadan akan jatuh pada 3 April 2022. Sebagai konsekuensinya, pengerjaan salat tarawih pertama akan dilakukan pada 2 April 2022, bakda salat isya.

0 Komentar