SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaNasional80 Persen BBM Bersubsidi Dinikmati Kalangan Orang Mampu, Ini Data dari Pertamina

80 Persen BBM Bersubsidi Dinikmati Kalangan Orang Mampu, Ini Data dari Pertamina

80 Persen BBM Bersubsidi Dinikmati Kalangan Orang Mampu
80 Persen BBM Bersubsidi Dinikmati Kalangan Orang Mampu

80 persen BBM bersubsidi dinikmati kalangan orang mampu, hal ini diungkapkan oleh pihak Pertamina.

Dikatakan oleh Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, bahwa 80 persen BBM bersubsidi dinikmati oleh orang-orang mampu.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers baru-baru ini.

Menurut Irto, 60 persen masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan kaya justru menikmati hampir 80 persen dari total konsumsi BBM bersubsidi.

Baca JugaTerungkap Isi Chat Putri Candrawathi saat Brigadir Joshua Ulang TahunPersib Bandung Kalah, Robert Alberts Pasrah

Diketahui, bahwa subsidi BBM ditanggung oleh pemerintah dengan anggaran yang besar.

Tidak hanya itu, Irto juga mengatakan jika hanya 40 persen masyarakat rentan dengan kemiskinan menikmati 20 persen dari total BBM bersubsidi.

Baca JugaManchester City Rekrut Sergio Gomez dari AnderlechtSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSI

Sedangkan 40 persen masyarakat rentan dan miskin hanya mengonsumsi 20 persen dari total subsidi energi tersebut,” kata Irto Ginting

Akibat 80 persen BBM bersubsidi dinikmati oleh orang kaya ini mendorong Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial and Trading Pertamina untuk membuat mekanisme yang dapat memastikan subsidi tetap sasaran.

Irto menambahkan bahwa, subsidi yang tepat sasaran ini penting, mengingat Pemerintah telah mengalokasikan dana hingga Rp 520 triliun untuk subsidi energi pada tahun 2022.

Baca JugaSiapapun Lawan di Semifinal AFF, Timnas U-16 SiapSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSI

Upaya menciptakan mekanisme penyaluran BBM Subsidi tersebut juga merupakan pelaksanaan dari Peraturan Presiden No 191 Tahun 2014 serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

Regulasi yang ada secara jelas menetapkan segmentasi pengguna, kuota dan lain-lain mengenai penyaluran BBM Subsidi, namun di lapangan masih tidak tepat sasaran dengan 80 persen BBM bersubsidi dinikmati oleh orang kaya.

“Oleh karena itu, Pertamina Patra Niaga sebagai pelaksana penugasan berinisiatif mengembangkan mekanisme baru untuk memastikan penyaluran di lapangan tepat sasaran,” imbuh Irto.

Baca Juga3 Pelatih Ini Diinginkan Bobotoh Gantikan Robert Albert Latih PersibRobert Rene Albert Ucapkan Hatur Nuhun, Mundur dari Persib

Mekanisme baru tersebut, lanjut Irto sedang diuji coba dan dimulai dengan pendaftaran di Website MyPertamina.

“Pendaftaran ini dimaksudkan untuk pencocokan data berbasis sistem atau digital,” tambahnya.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya