SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaBeritaCara Mendaftar di Universitas Terbuka Secara Online, Offline, dan Keliling

Cara Mendaftar di Universitas Terbuka Secara Online, Offline, dan Keliling

Ilustrasi Cara Mendaftar di Universitas Terbuka Secara Online Offline dan Keliling
Ilustrasi Cara Mendaftar di Universitas Terbuka Secara Online, Offline, dan Keliling

Jika Anda telah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) dan ingin berkuliah sambil bekerja, bisa jadi Universitas Terbuka enjadi pilihan Anda. Simak cara mendaftar di Universita Terbuka berikut ini.

Universitas Terbuka merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem pembelajaran secara terbuka dan jarak jauh.

Sistem belajar seperti ini dinilai efektif meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia.

Baca JugaRiesca Rose Dituding Jadi Selingkuhan SuleKemenkes Nyatakan Satu Warga Jateng Suspek Cacar Monyet

Pemerataan yang dimaksud termasuk mencakup beberapa daerah terpencil yang ada di seluruh Indonesia maupun di belahan dunia.

Perkembangan teknologi menuntut kita untuk terus menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang menunjang produktivitas, tanpa terhambat waktu dan tempat.

Baca JugaUsai Bertengkar di Medsos, Gus Samsudin Akhirnya Laporkan Marcel Si Pesulap MerahMengenal Retinol? Bisa Berfungsi sebagai Skincare tapi Harus Tahu Ini…

Untuk itu, Universitas Terbuka diberikan mandat oleh pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sangat luas pada seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali batasan usia, keadaan ekonominya, status sosial dan tempat tinggal mereka, untuk mengikuti pendidikan yang tinggi tanpa memandang latar belakang sosial maupun ekonominya.

Tidak perlu khawatir mengenai status akreditasi, karena Universitas Terbuka telah mendapatkan akreditasi baik secara nasional maupun internasional..

Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

Baca JugaMengenal Retinol? Bisa Berfungsi sebagai Skincare tapi Harus Tahu Ini…Pengabdi Setan 2: Communion Tayang Besok, Joko Anwar: Seram tapi Menghibur

Ada empat fakultas yag tersedia di Universitas Terbuka diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Tehknologi dan Sains.

Bila Anda berminat, terdapat dua cara mendaftar di Universitas Terbuka yang bisa dilakuakan secara online maupun offline atau daring dengan mengunjungi laman UT https://www.ut.ac.id.

  1. Cara registrasi secara offlline

Bagi Anda yang ingin mendaftar kuliah di Universitas terbuka secara ogffline, Anda bisa datang langsung ke UPBJJ-UT dengan membawa berkas persyaratan secara lengkap yang ditetapkan.

Baca JugaPengabdi Setan 2: Communion Tayang Besok, Joko Anwar: Seram tapi MenghiburTerungkap Isi Chat Putri Candrawathi saat Brigadir Joshua Ulang Tahun

Adapun akampus Universitas terbuta ada di sejumlah daerah, diantaranya Lampung, Serang, Bengkulu, Lembang, Jambi, Bandung, Bogor, Purwokerto, Semarang dan sebagainya.

  1. Cara registrasi secara online

Bagi Anda yang ingin melakukan registrasi secara online, bisa melalui Sistem Informasi Akademik (SIA). Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada Petunjuk Sistem Registrasi Online yang dapat diunduh pada laman SIA pada alamat https://sia.ut.ac.id.

Calon mahasiswa diharapkan melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai waktu yang cukup untuk belajar.

Baca JugaTerungkap Isi Chat Putri Candrawathi saat Brigadir Joshua Ulang TahunPersib Bandung Kalah, Robert Alberts Pasrah

Informasi mengenai biaya registrasi dan dan UPBJJ-UT akan tertera pada lembar informasi pembayaran registrasi dan batas akhir pembayaran tercantum pada kaleder akademik tahun berjalan.

  1. Registrasi Keliling

Mahasiswa melakukan registrasi di tempat-tempat registrasi keliling yang telah ditetapkan dan dilakukan di luar kantor UPBJJ-UT. Informasi lebih lanjut tentang registrasi keliling dapat diperoleh di UPBJJ-UT setempat.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya