SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaLifestyleCirebon Gelap Gulita? Berikut Antisipasi Sebelum Pemadaman Listrik

Cirebon Gelap Gulita? Berikut Antisipasi Sebelum Pemadaman Listrik

listrik
Ilustrasi/Net

CIREBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon belum bayar tagihan listrik ke PLN. Masih nunggak hingga kemarin. Untuk bulan Desember 2020 dan Januari ini. Totalnya Rp900 juta.

PLN sudah melayangkan surat peringatan. Hari ini (29/1) PLN akan melakukan pemadaman jika tak juga dibayarkan.

Jika terjadi, maka jalan protokol dan jalan lingkungan di Kota Cirebon terancam gelap gulita. PLN berencana memutus aliran listrik ke hampir semua titik penerangan jalan umum (PJU).

Baca JugaElon Musk Telah Beli Manchester United?Ada Agnez Mo sampai Jhonny Iskandar di Synchronize Fest 2022

Bagi warga kota dan sekitarnya tak perlu panik dengan kebijakan tersebut.

Mengutip Situs Reader Digest dan NBC News ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai bentuk antisipasi sebelum pemadaman listrik apabila terjadi di pemukiman warga.

Baca JugaManchester City Rekrut Sergio Gomez dari AnderlechtIni Dia 5 Karya BJ Habibie yang Mendunia

#Menaruh lilin dan senter di tempat strategis
Saat terjadi pemadaman listrik di malam hari, Anda tentu tidak bisa mendapat pertolongan dari sinar matahari sebagai penerang sehingga menyiapkan lilin dan senter di tempat yang strategis adalah hal penting pertama. Beberapa lokasi yang disarankan itu adalah di dalam laci ruang tamu dan di atas meja setiap kamar. 

#Memiliki persediaan baterai telepon genggam yang cukup
Kita tidak pernah tahu berapa lama pemadaman listrik akan terjadi sehingga menyediakan persediaan baterai telepon genggam yang cukup adalah hal penting lainnya. Hindari penggunaan powerbank saat di rumah juga sehingga bisa dijadikan cadangan saat baterai melemah karena telepon genggam adalah alat komunikasi yang bisa membantu dengan rangkaian informasi terkait. Jadi, pastikan ponsel dalam keadaan selalu menyala. 

#Menyediakan persediaan makanan tanpa kulkas
Saat berbelanja bulanan, jangan lupa untuk membeli makanan yang dapat disimpan di lemari dapur. Contohnya adalah makanan ringan dan cepat saji lain sebab saat mati lampu, daging dan apapun yang ada di kulkas tidak akan bisa dimasak dan dikonsumsi. Jika pemadaman listrik berlaku selama beberapa hari, makanan di kulkas tersebut juga bisa busuk dan mengganggu kesehatan bila dikonsumsi.

Baca JugaSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSIPembawa Baki Paskibraka Nasional 2022 adalah Dewa Ayu Firsty

#Membuka keran dan mengumpulkan banyak air
Pemadaman listrik selalu diikuti dengan air yang berhenti mengalir. Sebagai tindakan preventif, sangat dianjurkan untuk membuka seluruh keran dan mengumpulkan banyak air di ember sehingga Anda tidak terganggu saat akan mandi, buang air, ataupun minum selama gangguan listrik.

#Memasang tag glow in the darkDi swalayan, Anda mungkin sangat sering menemukan tag glow in the dark. Barang ini harus dimiliki, khususnya sebelum pemadaman listrik. Pasang pula pada benda-benda yang rawan, seperti perabotan yang tajam karena bisa memberi tanda dalam keadaan gelap agar Anda tidak menyentuh dan terhindar dari luka.  (*)

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya