SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaBeritaElon Musk Akuisisi Twitter Rp633 Triliun

Elon Musk Akuisisi Twitter Rp633 Triliun

Elon Musk
Elon Musk

Elon Musk menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi Twitter Inc. senilai US$44 miliar atau setara dengan Rp633 triliun (asumsi kurs Rp14.400). Ketika kesekapakan nanti diselesaikan, status perusahaan jejaring sosial ini akan menjadi perusahaan tertutup (private company).

Mengutip Bloomberg, Selasa (26/4/2022), akuisisi ini akan menjadi salah satu kesepakatan pembelian dengan leverage terbesar dalam sejarah akuisisi platform jejaring sosial berusia 16 tahun yang telah menjadi pusat perhatian publik.

Menurut keteranganan resmi perusahaan, pemegang saham akan menerima US$54,20 untuk setiap saham Twitter yang mereka miliki. Harganya 38 persen lebih tinggi dari penutupan saham per 1 April 2022, hari kerja terakhir sebelum Musk mengungkapkan akuisisi Twitter yang telah memicu terjadinya reli saham.

Baca JugaAda Agnez Mo sampai Jhonny Iskandar di Synchronize Fest 2022Ini Dia 5 Karya BJ Habibie yang Mendunia

Musk, salah satu pengguna Twitter dengan lebih dari 83 juta pengikut, mulai mengumpulkan saham sekitar 9 persen pada bulan Januari 2022.

Pada Maret 2022, dia telah meningkatkan kritiknya terhadap Twitter, menuduh bahwa algoritme perusahaan itu bias dan feed penuh dengan posting sampah otomatis.

Baca JugaPembawa Baki Paskibraka Nasional 2022 adalah Dewa Ayu FirstySukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSI

Dia juga menyarankan pertumbuhan pengguna Twitter digelembungkan oleh bot. Setelah menolak undangan untuk bergabung dengan dewan direksi perusahaan, pada 14 April, Musk menawarkan untuk menjadikan Twitter sebagai perusahaan privat.

Dia berniat menjadikan Twitter sebagai benteng kebebasan berbicara dan memberikan petunjuk lain tentang perubahan yang dia buat sebagai pemilik.

Ide-idenya Musk mulai dari yang praktis, seperti membiarkan pengguna mengedit tweet dan memerangi penyebaran bot, hingga yang aneh, seperti proposal untuk mengubah kantor pusat perusahaan di San Francisco menjadi tempat penampungan tunawisma.

Baca JugaPembawa Baki Paskibraka Nasional 2022 adalah Dewa Ayu FirstyPelatih Budiman Bawa Persib Koleksi Tiga Angka

“Kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital tempat hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan. Twitter memiliki potensi luar biasa – saya berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan dan komunitas pengguna untuk membukanya,” kata Musk dalam sebuah pernyataan, Senin.

Kesepakatan itu dengan suara bulat disetujui oleh dewan perusahaan, dan diharapkan akan selesai akhir tahun ini. Musk, orang terkaya di dunia, mendapatkan US$25,5 miliar utang dan pembiayaan pinjaman margin dan akan menyediakan sekitar US$21 miliar dengan skema ekuitas untuk mendanai akuisisi.

Kesepakatan Musk untuk membeli Twitter mencakup ketentuan bahwa miliarder itu diharuskan membayar biaya perusahaan jika dia pergi atau kesepakatan itu berantakan, menurut sumber Bloomberg.

Baca JugaPersib Belum Tentukan Pengganti Rene AlbertSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSI

Kesepakatan itu tidak termasuk “go-shop provision,” yang berarti Twitter tidak diizinkan untuk meminta penawaran dari calon penawar lainnya. Ketika mereka melanjutkan perdagangan setelah terhenti karena berita, saham Twitter melonjak 5,7 persen menjadi US$51,70 pada penutupan Senin di New York.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya