SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaKesehatanIngin Tetap Bugar, Begini Tips Berolahraga Saat Berpuasa Ramadan

Ingin Tetap Bugar, Begini Tips Berolahraga Saat Berpuasa Ramadan

jalan
Berjalan, salah satu olahraga yang bisa dilakukan di bulan puasa.

Kliksatu.com – Berolahraga selama bulan suci Ramadan menjadi bagian dari upaya menjaga kebugaran tubuh selama menjalankan puasa. Namun, Anda tidak disarankan untuk memulai latihan baru.

‚ÄúRamadan tentang memperbaiki diri sendiri dalam segala hal, dan kesehatan Anda adalah bagian integral dari itu. Anda tentu harus terus bergerak dan tetap aktif, tetapi saya tidak akan merekomendasikan memulai latihan baru yang melelahkan,” kata Personal trainer Faisal Abdalla, Kamis (7/4/2022).

Jika Anda biasanya tidak berolahraga sama sekali, Abdalla menyarankan agar Anda memulai dari gerakan ringan.

Baca JugaTolak Tawaran MU, Bintang Leeds Kalvin Phillips ke Man CityMoney Heist Korea Telah Rilis di Netflix, Mengicahkan Perampokan

“Mengambil pelatihan intensif tidak boleh dilakukan ketika Anda tidak terhidrasi dan cukup bahan bakar,” kata dia.

Abdalla merekomendasikan Anda cukup berjalan-jalan atau mencoba beberapa latihan intensitas rendah menjelang waktu berbuka puasa.

Baca JugaMoney Heist Korea Telah Rilis di Netflix, Mengicahkan PerampokanAktor Ezra Miller Disangka Sekap Tiga Anak dan Seorang Ibu

Jika Anda sadar untuk mempertahankan otot Anda selama Ramadan, Abdalla merekomendasikan untuk membatasi kardio, dua kali seminggu dan latihan sebaiknya lakukan setelah berbuka puasa.

Tetapi, jika Anda ingin melakukan latihan beban berat, Abdalla menyarankan untuk melakukannya di pagi hari sebelum makan sahur, sehingga Anda dapat mengisi bahan bakar dengan baik setelahnya.

Terkait asupan makanan, Juliana Campos yang pernah menjadi pelatih kebugaran di keluarga kerajaan Abu Dhabi, menyarankan agar Anda menghindari makanan olahan yang asin.

Baca JugaSinopsis Ghost Of Mae Nak, Film Horor Thailand Tayang Hari ini di ANTV“Everything Everywhere All at Once”, Mengajari Kita Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Terbaik

Santaplah makanan sehat, batasi gula rafinasi atau yang telah melalui proses pengolahan dan pemurnian dari gula kristal, karena akan membantu Anda mengatur tingkat energi Anda.

Idealnya, cobalah juga menghindari makanan olahan, gorengan, dan asin karena akan membuat Anda dehidrasi dan menjadikan puasa Anda terasa lebih lama.

Jangan lupa, pastikan asupan cairan sekitar 2,5 liter agar tetap terhidrasi dan jika Anda berlatih setelah berbuka puasa.

Baca JugaSEVENTEEN Sukses Gelar Konser bertajuk BE THE SUNFals Nyanyikan Nada Tinggi, Keisya Levronka Kembali Tuai Kritikan Warganet

“Saya juga merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C dan membuat jus atau teh dengan jahe segar dan kunyit, karena kedua bahan tersebut mengandung antioksidan dan bagus untuk sistem kekebalan tubuh,” kata Campos.

Hal lain yang perlu Anda hindari yakni kafein karena akan membuat Anda semakin dehidrasi dan makan secara berlebihan untuk mengimbangi kalori yang hilang karena berolahraga.

Pilihlah karbohidrat kompleks, berserat, seperti nasi gandum, quinoa, kacang-kacangan, lentil, atau ubi jalar karena butuh waktu lebih lama untuk memecahnya.

Baca JugaHolywings Indonesia Dilaporkan ke Polda Metro oleh HAMIMoney Heist Korea Telah Rilis di Netflix, Mengicahkan Perampokan

Kurma dapat Anda santap saat berbuka puasa dan termasuk sumber energi yang cukup besar.

“Kurma direkomendasikan karena mengandung potasium yang membantu fungsi otot dan saraf Anda, dan membuat Anda tetap teratur yang bisa menjadi masalah dalam beberapa hari pertama puasa,” kata Abdalla.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya