SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaNasionalITS Ajak UMKM Bangkit Pasca Pandemi

ITS Ajak UMKM Bangkit Pasca Pandemi

ITS Ajak UMKM Bangkit Setelah Pandemi
ITS Ajak UMKM Bangkit Setelah Pandemi

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengajak 18 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jawa Timur untuk bangkit pasca pandemi Covid-19 melalui gelaran pameran bertajuk Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Promosi Exhibition.

Koordinator Pameran DKV Promosi Exhbition, Srilendra Agung Ikramwardhana mengaku sengaja mengajak UMKM di Jatim karena mereka mengalami kesulitan untuk bangkit setelah pandemi Covid-19.

Hal ini, kata dia, karena mereka terkendala biaya desain dan kurangnya pengetahuan mengenai strategi kreatif media promosi, sehingga menjadi alasan UMKM diajak dalam pameran yang berakhir hari ini.

Baca JugaPersib Bandung Kalah, Robert Alberts PasrahMedia Vietnam Sorot Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Menangis Usai Kalahkan Vietnam di Piala AFF U-16 2022

“Dengan acara ini, diharapkan mahasiswa DKV mampu membantu UMKM dengan desain yang mereka buat. Ini sekaligus sebagai simulasi pembuatan promosi dengan data yang berasal dari lapangan,” katanya dikutip dari Antara, Kamis (9/6/2022).

Selain itu, kata dia, pemilihan UMKM sebagai objek pameran bertujuan untuk menyelaraskan langkah dengan visi misi ITS dalam pengabdian masyarakat.

Baca JugaKemenkes Nyatakan Satu Warga Jateng Suspek Cacar MonyetSinopsis Yang Hilang dalam Cinta, Serial Terbaru Reza Rahadian dan Sheila Dara

“Pameran ini juga merupakan sebuah tradisi menjelang akhir semester untuk mata kuliah promosi. Selain mempromosikan UMKM yang menjadi mitra, sekaligus sebagai bentuk pemenuhan kewajiban mata kuliah,” katanya.

Mawar, sapaan akrabnya, menyebutkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam persiapan maupun pelaksanaan pameran ini adalah 80 orang, yang terbagi menjadi 18 kelompok dan masing-masing memiliki satu mitra UMKM.

“Masing-masing kelompok menyiapkan stan pameran yang memiliki hiasan menarik dan mencirikan produk UMKM yang dipromosikan,” katanya.

Baca JugaMengenal Retinol? Bisa Berfungsi sebagai Skincare tapi Harus Tahu Ini…Aji Firmanto Seleb TikTok CBR Malang Meninggal Dunia karena Kecelakaan Tunggal

Sementara itu, salah satu UMKM yang dilibatkan dalam pameran ini adalah UMKM Robries, yang merupakan milik alumni DKV ITS dan bergerak di bidang furnitur.

“Kami memilih Robries karena tertarik dengan bahan baku furnitur yang mereka pakai. Walaupun bahan bakunya plastik, furnitur ini lebih kuat daripada keramik,” katanya.

Ia berharap, upaya ini bisa menyelaraskan arah studi dengan misi ITS dalam penelitian dan pengabdian, serta mendorong UMKM di Jatim untuk bangkit pascapandemi Covid-19.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya