SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaLifestyleLagi Viral, Retinol Banyak Manfaat Baik Bagi Kulit Layaknya Skincare

Lagi Viral, Retinol Banyak Manfaat Baik Bagi Kulit Layaknya Skincare

ilustrasi rivanol
ilustrasi retinol

Belakangan ini produk dengan kandungan retinol tengah diburu konsumen pecinta skin care.Kandungan tersebut diyakini memiliki banyak fungsi, mulai dari memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan flek hitam, meredakan jerawat, meratakan warna kulit, hingga mencegah tanda penuaan.

Retinol kerap digunakan sebagai istilah untuk menggambarkan turunan dari vitamin A yang berfungsi memperbaiki kulit.

“Baik retinoid maupun retinol adalah turunan vitamin A yang diubah menjadi asam retinoat, bentuk aktif dari molekul tersebut.” Demikian penjelasan Dr Corey Hartman, direktur medis dan pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham, Alabama, AS.

Baca JugaKemenkes Nyatakan Satu Warga Jateng Suspek Cacar MonyetRiesca Rose Dituding Jadi Selingkuhan Sule

Sehingga, tak mengherankan apabila retinol dapat ditemukan dalam serum, toner, atau pelembap.

Manfaat Retinol

Dilansir dari The Skin Spot pada Senin (04/7/2022), ada 3 alasan utama mengapa retinol banyak digemari oleh para penggiat kecantikan. Berikut di antaranya:

Baca JugaHarga BBM Shell Turun, Harga Pertamax malah Naik, Mulai 3 Agustus 2022Media Vietnam Sorot Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Menangis Usai Kalahkan Vietnam di Piala AFF U-16 2022

1. Retinol dapat mengobati jerawat

Pori-pori tersumbat adalah biang keladi jerawat. Kegunaan retinol dalam membuka pori-pori, sehingga kulit mampu menyerap obat jerawat dengan baik, hingga membuat jerawat dapat pudar dan hilang secara cepat.

Retinol juga berfungsi untuk mengurangi peradangan (selama Anda tidak berlebihan memakainya). Ditambah lagi, retinol dapat memperkuat efek krim dan gel obat lainnya, memungkinkan Anda mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan apa pun yang Anda gunakan.

2. Retinol dapat melawan tanda-tanda penuaan

Adanya kandungan tretinoin, dapat membantu mencegah munculnya kerutan atau garis halus pada kulit. Ini karena asam retinoat meningkatkan produksi kolagen dan merangsang aliran darah di bawah kulit, sehingga membuat kulit terasa kenyal dan tampak awet muda.

Baca JugaPersib Bandung Kalah, Robert Alberts PasrahMengenal Retinol? Bisa Berfungsi sebagai Skincare tapi Harus Tahu Ini…

Selain itu, tretinoin yang terkandung dalam retinol juga dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap yang disebabkan oleh penuaan dan mengurangi bintik-bintik kulit penyebab kanker yang disebut actinic keratosis. Senyawa ini bekerja dengan menghalangi paparan sinar UV yang berlebihan pada wajah.

3. Retinol dapat meratakan warna kulit

Retinol dianggap sangat efektif untuk mengurangi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak gelap pada kulit akibat produksi melanin berlebihan. Masalah ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Penggunaan skincare mengandung retinol dinilai membantu meratakan warna kulit dengan cara mempercepat regenerasi sel kulit dengan cara “pengelupasan” Kulit kusam dan kering yang mengelupas ini, nantinya akan membuka jalan bagi kulit baru yang lebih cerah dan lebih kencang. Dengan demikian, kulit bisa tampak lebih merata, cerah, dan sehat.

Baca JugaKota Modern dan Tersembunyi di Papua, Inilah Kuala KencanaBeredar Foto Alfeandra Dewangga Selingkuh, Vivi Novika Bongkar Sosok Selingkuhan

Cara Pemakaian

Guna memaksimalkan manfaat produk dan menghindari efek samping, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan produk mengandung retinol.

1. Gunakan secukupnya

2. Gunakan pada kulit kering

3. Gunakan di malam hari

4. Ttidak digunakan berbarengan dengan produk eksfoliasi maupun produk yang mengandung benzoil peroksida

5. Hentikan penggunaan selama masa kehamilan

Tag:
ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya