SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaKesehatanMenderita Aphasia, Bruce Willis Mundur dari Aktor, Apa itu Aphasia?

Menderita Aphasia, Bruce Willis Mundur dari Aktor, Apa itu Aphasia?

IMG 20220331 135454

Kliksatu.com – Aktor Bruce Willis telah didiagnosis menderita aphasia dan dilaporkan mengundurkan diri dari dunia akting karena masalah kesehatan tersebut. Aphasia adalah gangguan bahasa yang disebabkan oleh kerusakan pada area tertentu di otak yang mengontrol ekspresi dan pemahaman bahasa.  Dikutip dari laman Kompas.com (31/3/2022), kabar tersebut diungkapkan keluarga Bruce Willis melalui di media sosial Rabu (30/3/2022). 

Putri Bruce Willis Rumer Willis menyebutkan, pemeran film Die Hard 67 tahun itu telah mengalami beberapa masalah kesehatan sehingga mempengaruhi kemampuan kognitifnya. Lantas, seperti apa gejala aphasia dan penyebab aphasia? 

Jenis aphasia Aphasia adalah gangguan bahasa yang disebabkan oleh kerusakan pada area tertentu di otak yang mengontrol ekspresi dan pemahaman bahasa.

Baca JugaCara Mendaftar di Universitas Terbuka Secara Online, Offline, dan KelilingApa Itu Clickworker, Situs Pemberi Kerja Online, Cocok untuk Freelance

Aphasia membuat seseorang tidak dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.

Dirangkum dari laman Johns Hopkins Medicine, banyak orang mengalami aphasia akibat stroke. Baik pria maupun wanita bisa sama-sama terpengaruh, dan kebanyakan penderita aphasia adalah orang usia paruh baya hingga tua.

Baca JugaSinopsis Ghost Of Mae Nak, Film Horor Thailand Tayang Hari ini di ANTVPutra Buya Arrazy Tewas Tertembak Senjata Api Milik Pengawal

Ada banyak jenis aphasia. Ini biasanya didiagnosis berdasarkan area otak yang dominan mengontrol bahasa yang terpengaruh dan tingkat kerusakannya. Beberapa jenis aphasia adalah sebagai berikut:

Aphasia Broca: penderita mengalami kerusakan pada bagian depan dari sisi otak yang dominan mengontrol bahasa.

Aphasia Wernicke: penderita mengalami kerusakan pada bagian samping dari bagian otak yang dominan mengontrol bahasa.

Baca JugaTop Skor Piala Presiden 2022: Carlos Fortes Tambah Koleksi 2 Golk ke Gawang PSSFals Nyanyikan Nada Tinggi, Keisya Levronka Kembali Tuai Kritikan Warganet

Aphasia global: adalah akibat kerusakan pada sebagian besar sisi otak yang dominan mengontrol bahasa.

Aphasia disebabkan oleh kerusakan pada sisi otak yang dominan mengontrol bahasa, biasanya sisi kiri. Penyebab aphasia antara lain: Stroke, Cedera kepala, Tumor otak, Infeksi Demensia.

Saat ini tidak diketahui apakah aphasia menyebabkan hilangnya total struktur bahasa, atau apakah itu menyebabkan kesulitan dalam bagaimana bahasa diakses dan digunakan.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya