SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaKesehatanMengenal Jamur Ringworm, Penyebab dan Apa Gejalanya

Mengenal Jamur Ringworm, Penyebab dan Apa Gejalanya

Mengenal Jamur Ringworm Penyebab dan Gejalanya
Mengenal Jamur Ringworm, Penyebab dan Gejalanya

Jamur Ringworm atau juga dikenal sebagai dermatofitosis merupakan infeksi jamur pada kulit. Gejalanya berupa ruam melingkar berbentuk seperti cincin.

Melansir dari healthline, Selasa (19/7/2022), infeksi ringworm bisa menyerang manusia dan hewan. Infeksi awalnya muncul sebagai bercak yang berubah warna, seringkali bersisik di daerah yang terkena.

Bercak ini biasanya tampak merah pada kulit yang lebih terang atau cokelat keabu-abuan pada kulit yang lebih gelap. Ringworm bisa menyebar dari daerah yang terkena ke bagian lain dari tubuh, seperti:

Baca JugaMedia Vietnam Sorot Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Menangis Usai Kalahkan Vietnam di Piala AFF U-16 2022Beredar Foto Alfeandra Dewangga Selingkuh, Vivi Novika Bongkar Sosok Selingkuhan

– Kaki
– Tangan
– Kuku
– Kunci paha
– Jenggot

Gejalanya pun bervariasi tergantung di mana infeksi terjadi. Dengan infeksi kulit, Anda akan mengalami beberapa hal berikut:

– Rasa gatal
– Bercak gatal atau bersisik yang bewarna merah, cokelat, atau abu-abu, atau area kulit yang menonjol yang disebut plak

Baca JugaMengenal Retinol? Bisa Berfungsi sebagai Skincare tapi Harus Tahu Ini…Beredar Foto Alfeandra Dewangga Selingkuh, Vivi Novika Bongkar Sosok Selingkuhan

– Gumpalan kulit gatal yang bulat dan rata
– Tambalan yang menyerupai cincin dengan warna yang lebih dalam di bagian luar
– Rambut rontok

Ringworm dapat terlihat berbeda tergantung pada bagian tubuh mana yang terkena. Dokter menyebut jamur ringworm dijuluki dengan nama yang berbeda tergantung di mana ia muncul di tubuh.

Tubuh

Istilah ringworm paling sering digunakan untuk merujuk pada tinea corporis, atau kurap tubuh. Bentuk ini sering muncul sebagai tambalan dengan karakteristik bentuk cincin bulat di badan atau anggota badanmu.

Baca JugaAji Firmanto Seleb TikTok CBR Malang Meninggal Dunia karena Kecelakaan TunggalHarga BBM Shell Turun, Harga Pertamax malah Naik, Mulai 3 Agustus 2022

Jenggot

Ringworm pada janggut, juga disebut tinea barbae, mempengaruhi pipi, dagu dan leher bagian atas dan bisa menyebabkan kebotakan.

Ini akan terlihat seperti jerawat, folikulitis, atau kondisi kulit lainnya. Beberapa individu mengalami kelelahan atau pembengkakan kelenjar getah bening.

Tangan

Ringworm di tangan atau tinea manuum, biasanya disebabkan oleh menyentuh area lain yang terkena, seperti selangkangan atau kakimu.

Baca JugaMengenal Retinol? Bisa Berfungsi sebagai Skincare tapi Harus Tahu Ini…Aji Firmanto Seleb TikTok CBR Malang Meninggal Dunia karena Kecelakaan Tunggal

Infeksi pada tangan akan terlihat seperti kulit yang sangat kering dengan retakan yang dalam pada telapak tangan. Jika infeksi menyebar, Anda akan melihat bercak berbentuk cincin di punggung tanganmu.

Kaki

Tinea pedis adalah nama umum untuk infeksi ringworm pada kaki. Ini sering terlihat pada individu yang berjalan tanpa alas kaki di tempat umum di mana infeksi bisa menyebar, seperti ruang ganti, kamar mandi dan kolam renang.

Ini dimulai sebagai kulit kering bersisik di antara jari-jari kaki yang bisa menyebar ke telapak kaki dan tumit.

Baca JugaHarga BBM Shell Turun, Harga Pertamax malah Naik, Mulai 3 Agustus 2022Aji Firmanto Seleb TikTok CBR Malang Meninggal Dunia karena Kecelakaan Tunggal

Kuku

Onikomikosis atau juga disebut tinea unguium adalah infeksi ringworm pada kuku. Ini mempengaruhi kuku kaki lebih dari kuku, karena alas kaki sering memberikan lingkungan yang lembab dan hangat yang disukai jamur.

Kuku yang terkena bisa menjadi lebih tebal atau berubah warna. Mereka bahkan bisa mulai retak atau terangkat dari dasar kukumu.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya