SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaEntertaimentMengenal Lebih Dekat Tari Kecak Dari Bali

Mengenal Lebih Dekat Tari Kecak Dari Bali

tari kecak
Mengenal lebih jauh tari Kecak dari Bali

Ketika sedang berlibur ke Bali, tentunya wisatawan sudah tidak asing lagi dengan tarian tradisional asal Pulau Dewata yakni Tari Kecak.

Kompaknya para penari dengan teriakan ‘cak’ diulang-ulang di setiap penampilannya menambah kesan meriah dan magis dari Tari Kecak itu sendiri.

Belum lagi, penampilan anggun dari penari wanita yang berada di bagian tengah selalu mampu menghipnotis para penonton.

Baca JugaAda Agnez Mo sampai Jhonny Iskandar di Synchronize Fest 2022Riesca Rose Dituding Jadi Selingkuhan Sule

Lalu sebenarnya, adakah fakta lain Tari Kecak yang masih jarang diketahui oleh banyak orang?

Nah, untuk lebih lengkapnya, yuk simak fakta dan sejarah Tari Kecak yang telah dirangkum dari YouTube Cerita Unik dan laman Hops.id—Jaringan Suara.com berikut ini.

Baca JugaRobert Rene Albert Ucapkan Hatur Nuhun, Mundur dari PersibMedia Vietnam Sorot Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Menangis Usai Kalahkan Vietnam di Piala AFF U-16 2022

Tari Kecak merupakan tari tradisional asal Bali, Indonesia, yang diciptakan oleh Wayan Limbak.

Tari Kecak bisa melibatkan sekitar tujuh puluh orang penari pria. Merekalah yang bertugas mengeluarkan teriakan ‘cak’ saat pertunjukkan.

Tak jarang, penari wanita dalam Tari Kecak dipercaya kerasukan roh ketika sedang menari, sehingga mereka bergerak tanpa sadar.

Baca JugaSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSIManchester City Rekrut Sergio Gomez dari Anderlecht

Tari Kecak termasuk tarian yang sakral bagi umat Hindu Bali. Sebab, Tari Kecak sering dipertunjukkan dalam upacara keagamaan.

Pada 1930, tari kecak sudah dipopulerkan ke luar negeri oleh Wayan Limbak, dengan bantuan Walter Spies, seorang seniman asal Jerman.

Cerita yang diangkat dalam Tari Kecak

Cerita yang dipertontonkan melalui Tari Kecak adalah kisah Ramayana yang berusaha menyelamatkan Shinta dari cengkeraman Rahwana.

Baca JugaAda Agnez Mo sampai Jhonny Iskandar di Synchronize Fest 2022Siapapun Lawan di Semifinal AFF, Timnas U-16 Siap

Melalui kisah Ramayana, tercurah beberapa nilai moral yang patut diteladani: kesetiaan seorang istri pada suami, sifat rela berkorban, dan keharusan untuk menghindari keserakahan.

Tari Kecak dilakukan oleh banyak penari tanpa melibatkan alunan musik. Alunan suara hanya berasal dari kencringan yang disematkan pada kaki pemeran tokoh Ramayana, serta teriakan ‘cak’ para penari pria.

Selain itu, Tari Kecak pernah meraih rekor MURI setelah berhasil menampilkan Tari Kecak dengan 5.555 penari di Pantai Berawa, Bali.

Baca JugaRiesca Rose Dituding Jadi Selingkuhan SuleMedia Vietnam Sorot Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Menangis Usai Kalahkan Vietnam di Piala AFF U-16 2022

Itulah sejarah singkat serta fakta-fakta unik soal Tari Kecak asal Bali.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya