SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaKesehatanMengenal Retinol? Bisa Berfungsi sebagai Skincare tapi Harus Tahu Ini…

Mengenal Retinol? Bisa Berfungsi sebagai Skincare tapi Harus Tahu Ini…

ilustrasi rivanol
ilustrasi retinol

Tren skincare mengandung retinol belakangan ini semakin populer, retinol dinilai punya kemampuan ajaib menyamarkan kerutan, menghilangkan bekas jerawat hingga dianggap sebagai skincare antipenuaan.

Tapi sayangnya, tidak banyak yang tahu apa itu retinol dan asal mulai kandungan skincare satu ini.

Mengutip Health Harvard Edu, Selasa (5/7/202) awalnya pada 1970-an retinol digunakan sebagai obat jerawat, tapi belakangan ini para peneliti menemukan bahwa retinol bisa memudarkan bintik keratosis, meratakan warna, dan mempercepat pergantian sel kulit.

Baca JugaSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSIPenulis Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam di New York

Sementara itu mengutip Healthline, retinol adalah sejenis retinoid yang terbuat dari vitamin A. Cara kerja retinol tidak mengangkat sel kulit mati seperti produk kulit kebanyakan.

Sebaliknya retinol adalah sejenis molekul kecil yang mampu masuk hingga ke bagian bawah epidermis hingga ke dermis kulit.

Baca JugaPenulis Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam di New YorkRiesca Rose : Jangan Tuduh Aku Selingkuhan Sule

Setelah sampai ke bagian tengah kulit, kandungan ini akan membantu menetralisir radikal bebas. Lantaran radikal bebas dihilangkan, maka kolagen dan elastin bisa bekerja maksimal, sehingga efek kencang pada kulit akan terasa.

Lantaran cara kerjanya masuk hingga ke lapisan bawah kulit, maka ia bisa menghilangkan garis halus, kerutan, pori-pori membesar, tanda bintik hitam akibat paparan matahari, hingga membuat tekstur kulit jadi lebih rata.

Sehingga untuk hasil yang lebih maksimal, maka skincare yang mengandung retinol harus digunakan setiap hari. Hasilnya juga baru akan terlihat setelah penggunaan beberapa minggu.

Baca JugaManchester City Rekrut Sergio Gomez dari AnderlechtPembawa Baki Paskibraka Nasional 2022 adalah Dewa Ayu Firsty

Mengoleskan vitamin A dalam bentuk retinol punya manfaat yang beragam seperti sebagai berikut:

– Mencegah dan mengurangi kerutan, serta menghaluskan garis-garis halus.
– Mencerahkan kulit kusam dengan pengelupasan atau regenerasi sel, yang menghasilkan kulit baru yang lebih cerah dan halus.
– Mengurangi jerawat, dan mengontrol sebum penghasil minyak di kulit.
– Memudarkan bintik gelap akibat penuaan, sinar matahari, hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit dari waktu ke waktu.

Baca JugaPelatih Budiman Bawa Persib Koleksi Tiga AngkaElon Musk Telah Beli Manchester United?

Alasan retinol bisa mengurangi kerutan atau garis halus, karena skincare ini mengandung kolagen, yang merangsang terciptanya pembuluh darah baru di kulit, sehingga kulit lebih cerah.

Meski begitu retinol tidak bisa menghasilkan efek instan, melainkan perlu waktu 3 hingga 6 bulan dengan penggunaan yang rutin. Bahkan untuk hasil terbaiknya butuh waktu 6 hingga 12 bulan.

Tag:
ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya