SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaEntertaimentNasida Ria, Grup Kasidah Pertama Yang Tampil di Jerman

Nasida Ria, Grup Kasidah Pertama Yang Tampil di Jerman

Grup Kasidah Nasida Ria
Grup Kasidah Nasida Ria

Grup Kasidah Nasida Ria tengah jadi perbincangan hangat karena menorehkan prestasi di kancah internasional. Grup kasidah asal Semarang, Jawa Tengah ini manggung di Kassel, Jerman dalam acara Opening Week Music Program Documenta Fifteen.

Pada Sabtu, 18 Juni 2022 kemarin, Nasida Ria tampil dengan menyanyikan beberapa lagu legendaris seperti “Dunia dalam Berita”, “Perdamaian”, “Bila Bom Nuklir Diledakkan”, “Kota Santri” dan masih banyak lainnya. Inilah profil Nasida Ria yang melegenda sebagai grup kasidah.

Grup kasidah Nasida Ria dibentuk pada tahun 1975 oleh HM Zain, seorang guru qiraah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Ia mengumpulkan 9 siswanya untuk menjadi grup dengan anggota Mudrikah Zain, Mutoharoh, Rien Jamain, Umi Kholifah, Musyarofah, Nunung, Alfiyah, Kudriyah dan Nur Ain.

Baca JugaPosisi Irianto Jadi Bek Kanan Persib saat Bertemu PSIS dinilai BaikSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSI

Ketika awal karier, Nasida Ria hanya menggunakan rebana sebagai alat musik. Hingga kemudian Wali Kota Imam Soeparto Tjakrajoeda menyumbang alat-alat musik. Debut Nasida Ria dalam album berjudul “Alabaladil Makabul” dengan inspirasi dari musik Arab.

Nasida Ria awlnya merilis lagu dengan lirik bahasa Arab. Namun setelah diberi saran oleh Kiai Ahmad Buchori Masruri, Nasida Ria akhirnya menampilkan lagu-lagu berbahasa Indonesia. Beberapa lagu dari Nasida Ria yang cukup populer yakni “Pengantin Baru”, “Tahun 2000”, “Jilbab Putih”, “Anakku” dan “Kota Santri”.

Baca JugaPosisi Irianto Jadi Bek Kanan Persib saat Bertemu PSIS dinilai BaikManchester City Rekrut Sergio Gomez dari Anderlecht

Setelah tahun 2000, grup Nasida Ria mengalami perubahan beberapa anggota karena ada yang sudah keluar dari grup dan ada yang sudah meninggal dunia. Kekinian, Nasida Ria punya 12 personel dengan manajer Choliq Zain, anak dari HM Zain.

Nasida Ria menampilkan musik dengan gaya Arab klasik yang dilengkapi musik modern. Penulis lagu grup kasidah ini seringkali mengadaptasi irama tradisional Arab.

Bukan hanya lagu yang melekat dengan dakwah Islam, Nasida Ria juga punya lagu yang menyinggung isu-isu keadilan seperti judi, perang, bencana dan pers. Lagu-lagu dengan tema cukup duniawi tersebut dibuat berdasarkan pedoman dari Al Quran.

Baca JugaRiesca Rose : Jangan Tuduh Aku Selingkuhan SulePosisi Irianto Jadi Bek Kanan Persib saat Bertemu PSIS dinilai Baik

Nasida Ria viral di media sosial karena tampil di acara “Opening Week Music Program Documenta Fifteen” di Kassel, Jerman pada Sabtu (18/6/2022). Mereka menyanyikan beberapa lagu andalan berjudul “Dunia dalam Berita”, “Perdamaian”, “Bila Bom Nuklir Diledakkan”, “Kota Santri” dan lain-lain.

Jauh sebelum tampil di Jerman, Nasida Ria pernah menghadiri konser di Malaysia untuk merayakan Tahun Baru Islam. Mereka juga pernah tampil di Berlin, Jerman tepatnya di Haus der Kulturen der Welt. Nasida Ria diundang untuk bermain di Die Garten des Islam, sebuah pameran budaya Islam.

Setelahnya pada Juli 1996, Nasida Ria kembali ke Jerman untuk menghadiri Festival Heimatklange yang diadakan di Berlin, Mülheim dan Düsseldorf. Kini penampilan Nasida Ria di Jerman merupakan kali ketiga mereka untuk unjuk gigi.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya