SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaBeritaSmartfren Dilaporkan Trouble Hari Ini, Pengguna Mengeluh Hilang Sinyal

Smartfren Dilaporkan Trouble Hari Ini, Pengguna Mengeluh Hilang Sinyal

Smartfren Dilaporkan Trouble Hari Ini Pengguna Mengeluh Hilang Sinyal
Smartfren Dilaporkan Trouble Hari Ini, Pengguna Mengeluh Hilang Sinyal

Jaringan Smartfren dikeluhkan mengalami gangguan alias trouble pada hari ini, Rabu (6/7/2022). Para pelanggan Smartfren mengeluhkan sinyal hilang dan tak bisa melakukan panggilan.

Dilansir dari laman Google Trends, layanan Smartfren terpantau mulai dikeluhkan error pada Rabu siang pukul 14.00 WIB. Sejumlah pelanggan Smartfren juga ramai-ramai menyampaikan keluhan ini jaringan Smartfren bermasalah melalui Twitter.

Mereka mengeluh sambil me-mention akun Twitter resmi layanan pelanggan @smartfrencare dan akun @smartfrenworld.

Baca JugaPengabdi Setan 2: Communion Tayang Besok, Joko Anwar: Seram tapi MenghiburSiapapun Lawan di Semifinal AFF, Timnas U-16 Siap

Update 19.10: VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, mengatakan kepada KompasTekno bahwa Smartfren telah mengatasi gangguan yang terjadi. “Saat ini kondisi jaringan sudah seluruhnya normal,” ungkap Agus.

Pelanggan mengeluhkan bahwa sinyal Smartfren di ponselnya tiba-tiba hilang. Beberapa pelanggan Smartfren menyertakan tangkapan layar yang memperlihatkan ikon bar sinyal di ponsel mereka menunjukkan tanda silang (X).

Baca JugaKemenkes Nyatakan Satu Warga Jateng Suspek Cacar MonyetPengabdi Setan 2: Communion Tayang Besok, Joko Anwar: Seram tapi Menghibur

Ini mengindikasikan bahwa jaringan Smartfren “no signal” alias tidak ada sinyal. Akibat gangguan ini, pengguna tidak bisa melakukan panggilan, termasuk mengecek kuota data lewat kode UMB. Selain itu, pelanggan Smartfren juga mengeluhkan tidak dapat terhubung ke data seluler.

Alhasil, pelanggan yang memanfaatkan data seluler untuk berinternetan jadi tidak bisa membuka situs atau aplikasi. Sejumlah pelanggan melaporkan sudah mencoba untuk melakukan sejumlah cara untuk mendapatkan kembali sinyal, mulai dari me-restart ponsel serta menyalakan mode pesawat (airplane mode).

Namun, dua upaya tersebut tak membuahkan hasil. Sinyal Smartfren masih dilaporkan hilang.

Baca JugaUsai Bertengkar di Medsos, Gus Samsudin Akhirnya Laporkan Marcel Si Pesulap MerahHasil Liga 1: Bali United vs RANS Nusantara FC: Spaso Brace, Bali United Menang 3-2

Smartfren pun menyampaikan permohonan maaf terhadap gangguan yang terjadi kepada pelanggan. “Kami mohon maaf atas gangguan yang sempat terjadi. Saat ini Smartfren telah melakukan pemulihan secara bertahap di wilayah yang terdampak,” ungkap Agus Rohmat, VP Network Operations seperti dikutip dari laman KompasTekno.

Kendati demikian, pihak Smartfren belum mengungkap penyebab adanya gangguan hari ini.

Namun, dalam sebuah kicauan balasan kepada salah satu pelanggan yang mengeluh, akun Twitter resmi @smartfrencare mengungkapkan bahwa saat ini, sedang ada pemeliharaan jaringan Smartfren. “Mohon tunggu proses perbaikannya dan cek secara berkala dengan restart perangkat atau airplane mode ya kak,” twit @smartfrencare pukul 14.31 WIB.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya