SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaSepakbolaTimnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Menang 7-0 atas Nepal

Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Menang 7-0 atas Nepal

Timnas Indonesia pesta gol ke gawang Nepal
Timnas Indonesia pesta gol ke gawang Nepal

Tim Nasional (Timnas) Indonesia akhirnya berhasil lolos ke Piala Asia 2023 usai menggulung Nepal dengan skor 7-0 di laga pamungkas Grup A pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Berkat kemenangan itu, Timnas Indonesia berada di peringkat kedua dengan koleksi enam poin dan berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status lima runner-up terbaik.

Timnas Indonesia memang tampil memukau saat menghantam Nepal 7-0. Dimas Drajad (6’), Witan Sulaeman (43’), Fachruddin Aryanto (54’), dan Saddil Ramdani (55’) menjadi para pemain yang membuat skuad Garuda bisa menang telak atas Nepal di laga tersebut.

Timnas Indonesia mengawali babak pertama dengan cukup memuaskan, mereka berhasil mendominasi di awal pertandingan. Serangan demi serangan Skuad Garuda efektif untuk merepotkan skuad asuhan Kiran Shtresha.

Baca JugaRobert Rene Albert Ucapkan Hatur Nuhun, Mundur dari PersibSiapapun Lawan di Semifinal AFF, Timnas U-16 Siap

Hasilnya manis, Timnas Indonesia mampu membuka keunggulan lewat sundulan Dimas Drajad (6’). Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia semakin bernafsu untuk membuat gol tambahan.

Sayangnya, beberapa peluang kurang bisa dimanfaatkan dengan baik. Memasuki menit ke-15, Timnas Nepal terpantau beberapa kali mencari peluang untuk keluar dari tekanan. Beruntung, kiper andalan timnas Nadeo Argawinata berhasil menjadi tembok tebal Timnas Indonesia.

Baca JugaRiesca Rose Dituding Jadi Selingkuhan SuleSiapapun Lawan di Semifinal AFF, Timnas U-16 Siap

Pada menit ke-30, Timnas Indonesia terpantau memainkan skema permainan yang lebih rapi. Kini, Shin Tae-yong nampaknya memainkan skema umpan dari kaki ke kaki untuk membangun serangan.

Timnas Nepal semakin dalam tekanan setelah Suman Aryal diusir dari lapangan karena melakukan pelanggaran keras. Ia mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-33. Di sisi lain, Timnas Indonesia semakin nyaman menyerang.

Hasilnya positif, Witan Sulaeman (43’) mampu menambah keunggulan Timnas Indonesia lewat sontekkan manisnya. Witan menerima umpan matang Asnawi Mangkualam. Pada akhirnya, Timnas Indonesia unggul atas Nepal 2-0 di babak pertama.

Baca JugaSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSIAda Agnez Mo sampai Jhonny Iskandar di Synchronize Fest 2022

Memasuki babak kedua, sejumlah pemain baru dimasukkan oleh Shin Tae-yong. Marselino Ferdinan diberikan waktu bermain, begitu juga Rafli. Kehadiran para pemain baru itu lantas memberikan nafas baru untuk skuad Garuda.

Peluang demi peluang lantas tercipta. Namun, penyelesain akhir Witan Sulaeman dan kawan-kawan masih kurang tajam.

Bahlan Rafli setidaknya dua kali nyaris mencetak gol jika memiliki penyelesaian akhir yang baik. Witan pun ada peluang emas yang gagal karena bola berhasil dihalau kiper lawan meski sudah duel 1 vs 1.

Baca JugaMedia Vietnam Sorot Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Menangis Usai Kalahkan Vietnam di Piala AFF U-16 2022Manchester City Rekrut Sergio Gomez dari Anderlecht

Kendati demikian, pada menit 54 Fachruddin Aryanto mampu menambah keunggulan Timnas Indonesia. Berawal dari sepakan pojok, Fachruddin mampu memanfaatkan kesalahan kiper Nepal yang gagal menghalau bola dengan baik.

Satu menit berselang giliran Saddil Ramdani yang mencetak gol. Saddil dengan tenang dapat mengeksekusi bola usai meneruskan umpan panjang.

Setelah unggul 4-0, Timnas Indonesia terus menekan Nepal. Namun, keberuntungan masih mengawal Nepal karena beberapa kali peluang emas entah kenapa digagalkan begitu saja.

Baca JugaSiapapun Lawan di Semifinal AFF, Timnas U-16 SiapManchester City Rekrut Sergio Gomez dari Anderlecht

Memasuki menit-menit akhir, Elkan Baggott tambah gol Timnas Indonesia. Bahkan Witan Sulaeman membuat skuad Garuda unggul 6-0 setelah mencetak gol individu yang ciamik.

Ketika laga hampir benar-benar berakhir, Marselino mencetak gol penutup. Timnas Indonesia menang 7-0 atas Nepal dan merebut tiket ke Piala Asia 2023.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya