Ad 970x250

Vaksin Sudah Ada, Siapa Bakal Divaksin Covid-19 Duluan?

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

JAKARTA-Presiden Joko Widodo mengaku sangat bersyukur atas kedatangan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi di Indonesia. Keberadaan vaksin akan memudahkan proses pencegahan meluasnya wabah Covid-19.

“Saya ingin menyampaikan satu kabar baik, satu kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid- 19. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung, sejak Agustus 2020 yang lalu,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/12/2020).

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini pemerintah juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin, yang akan tiba pada awal Januari 2021. Selain vaksin dalam bentuk jadi, lanjutnya, pada Desember ini dijadwalkan tiba sebanyak 15 juta dosis vaksin dan pada bulan Januari sebanyak 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

“Kita amat bersyukur alhamdulilah vaksin sudah tersedia, artinya kita bisa segera mencegah meluasnya wabah Covid-19. Tapi untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” jelas dia.