Ad 970x250

Menkes Budi Gunadi Sadikin: Butuh 3,5 Tahun untuk Selesaikan Proses Vaksinasi Corona di Indonesia

1553813220p
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan kesiapan vaksin dan ketersediaan layanan kesehatan di Kantor Presiden

JAKARTA-Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan jika butuh waktu hingga 3,5 tahun untuk melakukan vaksinasi covid-19 terhadap seluruh Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca: Tahapan Vaksinasi, Kelompok Prioritas Penerima Vaksin Covid-19 Dapat SMS Dari Kemenkes

“Kira-kira butuh waktu 3,5 tahun untuk vaksinasi semuanya,” ujar Menkes seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes.go.id dikutip Kompas TV, pada Sabtu (2/1/2021).

Ia menjelaskan, jika perkiraan waktu tersebut berdasarkan kalkulasi banyaknya penduduk di Indonesia yang akan menjadi sasaran vaksinasi. Demi mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), pemerintah akan menyiapkan sebanyak 426 juta dosis vaksin untuk 181 juta penduduk Indonesia. 

Budi menyebut, komunikasi akan terus dilakukan secara intens, mengingat saat ini vaksin menjadi barang yang diperebutkan di seluruh dunia.

“Karena memang ini belum ada barangnya, kita harus siap-siap. Jadi ada isu kemanusiaan di sini, itu sebabnya kita agresif mencari vaksin, meski vaksinnya belum terbukti kita sudah DP duluan. Kenapa? Karena nanti kita enggak kebagian,” tuturnya.

Ia berharap vaksin tersebut segera tiba di Indonesia, sehingga bisa segera langsung menjalankan vaksinasi bagi 181 juta penduduk Indonesia terutama bagi para tenaga kesehatan.

“Di tengah kabar baik kedatangan vaksin Covid-19 di Indonesia, protokol kesehatan 3M terus ditegakkan oleh masyarakat tanpa terkecuali, sebab itu merupakan kunci untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” tutupnya. (*)