Teka-teki Drone Bawah Laut China, Misi Spionase?

Nelayan Indonesia menemukan drone China di laut RI. (Foto: Drone DJ)
Nelayan Indonesia menemukan drone China di laut RI. (Foto: Drone DJ)
0 Komentar

PADA 2 Desember, nelayan Indonesia menjaring tangkapan tidak biasa – drone kapal selam mirip torpedo atau kendaraan bawah air tak berawak (UUV), masih berfungsi dengan lampu indikator berkedip. Mereka menyerahkan temuan mereka kepada pihak berwenang Indonesia.

Baca: Temuan Drone di Selayar, KSAL: Seaglider Digunakan Dunia Industri, Survei atau Militer

Analis militer dengan cepat mengidentifikasi pesawat itu sebagai Sea Wing atau Haiyi, UUV buatan China yang dioperasikan oleh angkatan laut China, tapi itu mungkin tidak sesederhana itu.

Baca Juga:Terkendala Cuaca, Evakuasi Puing Diduga Badan Pesawat Ada Logo Bintang Berwarna Kuning, Tulisan CNSA dan Dikelilingi PadiPPATK Ungkap Alasan Blokir Sementara Rekening FPI

Kebanyakan UUV berwarna kuning cerah atau oranye untuk membuatnya lebih mudah diambil; yang ini berwarna abu-abu kusam, indikasi kuat operator tidak ingin kapal itu terlihat. Fakta bahwa tidak ada yang berhenti untuk mengklaim perangkat tersebut merupakan indikasi lebih lanjut, perangkat tersebut dalam misi rahasia.

Faktanya, situasinya sangat mirip dengan misteri kapal tak berawak yang terdampar di Skotlandia tahun lalu. Namun, ini adalah hal yang agak berbeda dan bahkan lebih terselubung, tulis Forbes.

Kapal Skotlandia adalah Wave Glider, dibuat oleh Boeing BA -5,3 persen anak perusahaan Liquid Robotics, yang memiliki elemen permukaan seperti papan selancar dan elemen kekuatan gelombang bawah air. Yang satu ini adalah jenis pesawat peluncur bawah air yang tidak memiliki baling-baling konvensional melainkan menggunakan apa yang dikenal sebagai mesin apung.

Baca: Temuan Drone di Selayar, KSAL: Seaglider Digunakan Dunia Industri, Survei atau Militer

Pesawat peluncur biasanya menyesuaikan daya apungnya dengan menekan atau memperluas kandung kemih internal, meluncur di naik atau turun secara perlahan di sepanjang lintasan naik-turun gigi gergaji. Kecepatan rata-rata biasanya hanya setengah knot, tetapi menggunakan daya yang sangat kecil, sehingga glider memiliki daya tahan untuk melintasi lautan dengan satu kali pengisian baterai – seperti Red Knight yang dioperasikan oleh Universitas Rutgers yang melintasi Atlantik pada tahun 2009.

Militer Amerika Serikat (AS) sendiri telah menjadi pengguna glider yang paling antusias, dan telah mengakuisisi lebih dari 150 di antaranya untuk program Littoral Battlespace Sensor. Chinse mulai jauh di belakang; mereka tidak meluncurkan pesawat layang pertama mereka (Sayap Laut) sampai 2011, tetapi maju pesat.

0 Komentar