Ad 970x250

Beredar Rekaman Percakapan Pilot Sriwijaya Air-182, Faktanya

body image 2021011214
Tangkapan layar dari turnbackhoax.id

JAKARTA-Sebuah video yang diklaim rekaman percakapan pilot Sriwijaya SJ182 di flight deck atau kokpit pesawat viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun TikTok monocolusjunior yang menyertakan keterangan “Percakapan pilot SJ182”.

Baca: Sempat Dikandangkan, Pengakuan Kemenhub Kondisi Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Video itu juga turut disertai transkrip, yang menyebut percakapan dalam video merupakan percakapan antara pilot dan co pilot. Keterangan lain yang diberikan dalam video adalah “Pesawat Sriwijaya Air SJ182, S: Sabtu, J: Januari, 18:2, Sabtu 9 Januari”.

Namun, setelah ditelusuri, dilansir dari laman turnbackhoax.id, unggahan monocolusjunior merupakan hoaks atau berita bohong. Faktanya, transkrip video serupa sudah beredar sejak tahun 2008. 

Akun YouTube ParahAir yang menjadi salah satu pengunggah transkrip video serupa dengan judul “ASLI-Rekaman Black Box Adam Air Flight 574” berdurasi 5.39 yang tayang pada 2 Agustus 2008. 

Berdasarkan pada keterangan yang diberikan, transkrip video tersebut merupakan rekaman dari black box milik pesawat Adam Air KI 574 yang jatuh pada 1 Januari 2007 di Perairan Majene, Sulawesi Barat.

Meski begitu, transkrip video percakapan yang beredar dengan klaim merupakan milik Adam Air KI574 sempat menjadi perbincangan hangat pada masanya. Melansir dari detik.com, Menteri Perhubungan yang saat itu menjabat, Jusman Syafii Djamal mengatakan bahwa percakapan antara pilot Kapten Revri dan kopilot Yoga adalah tidak asli.

Melansir dari liputan6.com, keterangan lain disampaikan oleh Tatang Kurniadi yang merupakan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat itu. Tatang menyebut bahwa keotentikan rekaman pembicaraan pilot dan kopilot Adam Air dengan pengatur lalu lintas udara tidak bisa dibuktikan.

“Memang mirip, tetapi tidak asli,” terang Tatang, menanggapi video berdurasi 5.38 menit yang beredar.

Dalam transkrip video yang beredar, situasi seolah hingga detik akhir pesawat akan menghujam ke laut. Sementara berdasarkan data asli, Tatang menyatakan black box sudah tidak berfungsi saat pesawat berada pada ketinggian 9.000 kaki.

“Data aslinya menunjukkan, black box sudah tidak berfungsi pada ketinggian 9.000 kaki,” jelasnya.

Sementara melansir dari kompas.com lewat pemberitaan “Inilah Rekaman Di Kokpit Adam Air Versi KNKT” pada 3 Agustus 2008, dijelaskan bahwa transkrip rekaman cockpit voice recorder (CVR) pesawat Adam Air KI574 versi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah dipublikasi.

Transkrip rekaman CVR dipublikasi oleh KNKT dalam sebuah laporan lengkap setebal 98 halaman, dengan nomor laporan KNKT/07.01/08.01.36. Laporan ditulis dalam Bahasa Inggris dan dimuat pada situs www.dephub.go.id/knkt. CVR tersebut dijelaskan berisi percakapan antara pilot Adam Air Kapten Revri dan co pilot Yoga. (*)