Update Evakuasi Sriwijaya Air SJ-182: 65 Kantong Jenazah, Total Jadi 139 yang Sudah Ditemukan

Update Evakuasi Sriwijaya Air SJ-182: 65 Kantong Jenazah, Total Jadi 139 yang Sudah Ditemukan
Hari ke-4, Tim SAR Evakuasi 139 Kantong Jenazah (Dok. Basarnas)
0 Komentar

JAKARTA – Operasi SAR gabungan terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 mengumpulkan puluhan kantong jenazah serta serpihan puing pesawat. Total ada 65 kantong jenazah hari ini yang dievakuasi dari perairan Kepulauan Seribu, lokasi jatuhnya pesawat rute Jakarta-Pontianak itu.

Baca: Update Sriwijaya Air SJ182: Total 74 Kantong Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Gabungan

“Hari ini kita mendapatkan 65 kantong jenazah sehingga total menjadi 139 kantong jenazah yang sudah kita temukan,” kata Kabasarnas Bagus Puruhito dalam jumpa pers di posko utama pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di JICT2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 12 Januari.

Baca Juga:Inilah Sosok 4 Penyelam yang Berhasil Temukan Black Box Sriwijaya Air SJ182 di Kedalaman 18 MeterDisebut Black Box Berwarna Oranye?

https://www.instagram.com/p/CJ8x8PEhfZX/?utm_source=ig_web_copy_link

Tim SAR gabungan juga menemukan 10 kantong berisi bagian kecil serpihan sehingga totalnya menjadi 26 kantong.

“Dan potongan besar pesawat hari ini kita mendapatkan 2 potongan pesawat, artinya total menjadi 26,” sebut Bagus.

Dia memastikan pencarian dan evakuasi korban Sriwijaya Air SJ-182 masih dilanjutkan besok. Pencarian juga dilakukan untuk menemukan cockpit voice recorder (CVR) black box pesawat jenis Boeing itu. 

“Kita memfokuskan kepada evakuasi korban, karena tentunya ini sangat ditunggu dan setiap kantong jenazah yang ditemukan segera kita serahkan ke DVI Polri untuk segera dibawa ke RS Polri Kramat Jati,” sambung Bagus. 

Pada petang tadi flight data recorder (FDR)  black box Sriwijaya Air yang telah ditemukan dan diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyerahkan temuan FDR kepada Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito. Selanjutnya, black box tersebut diserahkan oleh Basarnas kepada Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono.

Baca Juga:Hari Keempat, Tim DVI Polri Menerima 111 Sampel DNA dari Keluarga Penumpang Sriwijaya SJ-182Evakuasi Sriwijaya Air SJ-182: 3 Penumpang Berhasil Diidentifikasi

KNKT membawa FDR ke kantornya untuk dianalisis. Soerjanto mengungkapkan tahap awal penelitian adalah pengunduhan data rekaman dalam FDR hingga lima hari ke depan.

“Kami mohon doanya dari semuanya agar pengunduhan data bisa berjalan lancar. Kami membutuhkan waktu 2 sampai 5 hari apakah data ini bisa terbaca atau tidak, nanti kami akan sampaikan. kalau data memang berhasil kita buka dan isinya seperti apa dan kami akan sampaikan garis besarnya,” kata Soerjanto dalam serah terima FDR di Posko JICT II, Selasa, 12 Januari.

0 Komentar