Ad 970x250

Hari Keenam, 98 Kantong Body Part Korban dan 14 Potongan Pesawat

Erp9kYVVEAEqWSl

JAKARTA – Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito menyebut pencarian tim SAR gabungan pada hari keenam berjalan lancar dengan cuaca yang cukup baik.

“Saya melaporkan hasil operasi SAR gabungan pada hari ini yang telah dilaksanakan. Cuaca hari ini cukup bagus dan operasi SAR berjalan dengan lancar,” kata Bagus di Posko Terpadu JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 14 Januari.

Berdasarkan data yang tercatat pukul 20.00 WIB, ada tambahan 98 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban. Sedangkan, serpihan pesawat yang berukuran kecil bertambah 9, dan serpihan besar pesawat bertambah 5.

Sehingga, total temuan tim SAR sampai hari keenam sebanyak 239 kantong jenazah berisi bagian tubuh atau body parts. Kemudian, material pesawat sebanyak 73, dengan rincian 40 kantong kecil yang berisi serpihan pesawat dan 33 potongan besar pesawat.

“Lalu, black box FDR (flight data recorder) juga sudah ditemukan pada Selasa, 12 Januari sebelumnya,” ujar Bagus.

Baca:

Hari Kedua: Basarnas Temukan 5 Kantong Bagian Tubuh Manusia, 4 Kantong Serpihan Pesawat Ke Tim DVI

Temuan Lanjutan, Basarnas: Ada 10 Kantong Berisi Serpihan Pesawat dan 10 Kantong Jenazah Bagian dari Korban Sriwijaya Air SJ-182

Hari Keempat, Tim DVI Polri Menerima 111 Sampel DNA dari Keluarga Penumpang Sriwijaya SJ-182

Hari Kelima, Total 141 kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ-182 Dievakuasi

Sedangkan dalam pencarian esok hari, operasi SAR tetap di area yang sama untuk pencarian evakuasi korban sebagai prioritas dan serpihan-serpihan material dari pesawat.

Sementara, terhadap pencarian black box berjenis cockpit voice recorder (CVR) yang belum ditemukan, tim SAR akan memperkecil area pencarian. Sebab, kata Bagus, pihaknya telah memetakan area yang dimungkinkan menjadi lokasi CVR berada.

“Proses untuk operasi tetap berlangsung dengan fokus evakuasi korban, dan tentu saja masih melaksanakan operasi pencarian CVR, dan partikel atau badan pesawat yang di lokasi,” ungkap dia. (*)