Ad 970x250

Sudah Suntik Vaksin, Jangan Merasa Seperti ‘Superman’

WhatsApp Image 2021 03 15 at 9.36.49 AM
Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Gedung Kaliandra, Radar Cirebon. Foto: Dedi Haryadi/Radar Cirebon

BERITA-Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau bagi yang sudah divaksin Covid-19 jangan merasa seperti “Superman”, bepergian tanpa mengenakan masker.

Usai mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima vaksin kedua, Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan, vaksin sangat aman bagi semua orang. Ini termasuk bagi yang sudah berusia lanjut.

“Vaksinasi ini sangat aman, saya datang kesini untuk memastikan bahwa senior kita, apa lagi yang jabatannya paling tinggi. Beliau (Wapres Ma’ruf Amin) adalah saya rasa pejabat negara dengan usia paling tinggi dan aman-aman saja,” kata Menkes seperti yang disiarkan akun Sekretariat Wakil Presiden di Youtube, Rabu (17/3/2021).

Mengenai adanya pertanyaan mengapa seseorang yang sudah divaksin masih dapat terkena virus, Menkes menjawab bahwa antibodi terbentuk optimal dalam tubuh setelah 28 hari pasca vaksinasi kedua.

“Jangan merasa seperti ‘Superman’ kemudian jalan jauh kemana-mana tidak memakai masker karena Covid masih bisa kena,” katanya.

Menurutnya, ketika imunitas meningkat akan membantu tubuh dengan cepat membunuh virus yang masuk. Tidak tertutup kemungkinan juga untuk tetap tertular dan menularkannya lagi ke orang lain.

Namun karena antibodinya sudah baik lantaran sudah divaksin, maka virus dapat dibunuh dengan cepat. Kalau pun sampai dirawat di rumah sakit diperkirakan tak akan sampai parah.

Oleh karena itu Menkes mengimbau bagi yang sudah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Demi orang lain yang lebih lemah dari kita tetaplah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Karena saya diajari oleh Pak Kiai juga yang sebaik-baiknya manusia orang lain adalah bermanfaat bagi yang lain,” papar Menkes.

“Jadi walaupun kita sudah sehat, alangkah bagusnya kita bisa melindungi orang yang lebih lemah dari kita,” katanya lagi. (*)