Ad 970x250

Telegram Hadirkan Fitur Abrolan Tanpa Batas Mirip Clubhouse

telegram clubhouse
Fitur chat suara di Telegram

BERITA-Pembaruan terbaru aplikasi perpesanan instan Telegram menghadirkan fitur obrolan suara tanpa batas peserta, mirip dengan aplikasi berbasis audio Clubhouse.

Dikutip dari Android Police, pengguna dalam saluran (channel) dan grup dapat melakukan obrolan berbasis audio secara bersamaan. Ini juga layaknya Zoom tanpa versi gambar atau video.

Berdasarkan postingan di laman resminya pada 19 Maret, Telegram mengatakan fitur ini merupakan pembaruan dari fitur obrolan suara yang diluncurkan pada Desember lalu yang hanya dapat dilakukan di grup saja, seperti halnya menelpon dengan beberapa pengguna di grup.

Karena itu, Telegram menyebut fitur terbarunya ini sebagai voice chat 2.0. Yang membedakan dengan sebelumnya, kini obrolan suaranya dapat dilakukan di Saluran yang diklaim oleh Telegram dapat dilakukan tanpa batas peserta.

Fitur melalui Telegram untuk iOS, guna memulai obrolan, seseorang harus menjadi admin dari sebuah grup. Nantinya, admin dapat memulai obrolan berbasis suara dan bisa mengundang siapapun di luar grup.

Namun, jika pengguna lain di luar grup diundang maka pengguna itu otomatis juga diundang masuk ke grup  tempat admin melangsungkan siaran berbasis audio ini.

Jika dilakukan pada Saluran, ini memungkinkan orang lain yang diundang bergabung ke saluran audio yang sedang berlangsung atau dengan mengirimkan tautan saluran audio itu. Ini dapat dilakukan tanpa membuat pengguna itu  secara otomatis bergabung ke saluran sebagai pelanggan.

Ketika selesai memperbarui aplikasi ke versi terbaru, Telegram memberitahu bahwa admin juga dapat merekam obrolan suara yang sedang berlangsung.

“Cek titik merah pada judul untuk melihat apakah obrolan suara sedang direkam,” kata Telegram dalam pesan yang dikirimkan kepada penggunanya melalui aplikasi Telegram.

Telegram mengatakan admin yang diperbolehkan merekam audionya dan membagikannya ke pelanggan yang belum sempat mendengarkan percakapan yang berlangsung. Nantinya, kata Telegram, audio yang direkam itu langsung tersedia pada “Pesan Tersimpan” di kolom chat admin.

Selain fitur merekam, ada fitur raise hand atau angkat tangan di mana peserta dapat menggunakan ini untuk memberitahu admin bahwa mereka ingin berbicara. Persis dengan fitur di Clubhouse maupun di Zoom, ada fitur untuk mematikan suara “mute” sehingga pengguna yang tidak ingin berbicara bisa mematikan suaranya agar tidak mengganggu pengguna lain yang sedang berbicara.

PCMag melaporkan bahwa ini dapat menjadi alternatif yang bagus untuk calon pengguna Clubhouse di Android, di mana aplikasinya saat ini belum tersedia untuk pengguna Android. Pembaruan serupa kemungkinan akan diluncurkan ke versi Telegram Android. Jika belum melihat fiturnya maka segera perbarui aplikasi Telegram Anda ke versi terbaru.  (*)