Jokowi Berkerut Saat Baca Komik Doraemon?

Jokowi Berkerut Saat Baca Komik Doraemon?
Hoaks Presiden Jokowi baca komik Doraemon. (Foto: Istimewa)
0 Komentar

BERITA-Sebuah akun Facebook bernama Faisal Alam Babegah membagikan foto yang diklaim Presiden Jokowi sedang membaca komik Doraemon. Gambar tersebut diposting pada grup PLANGA PLONGO dengan narasi, “Gerakan gemar membaca”.

Baca: Jokowi Klaim Indonesia 3 Tahun Tidak Impor Beras, Ubedilah Badrun: Maaf, Makin Tidak Punya Malu untuk Berbohong Tingkat Tinggi

Namun, setelah ditelusuri foto tersebut adalah foto suntingan karena pada tribunnews.com ditemukan foto yang asli pada artikel dengan judul “Presiden Jokowi Berkerut saat Baca Komik jadi Viral Begini Kisahnya” yang unggah pada 26 Oktober 2016. 

Baca Juga:Jawa Barat Waspada, Potensi Hidrometeorologi Ini Daerah yang Terancam Banjir BandangMudik Dilarang, Destinasi Wisata Lokal Dibuka

Selain pada tribunnews gambar yang sama ditemukan pada viva.co.id dan komik yang sedang di pegang oleh Jokowi adalah komik Si Juki karya Faza Faza Meonk.

Dengan demikian gambar Presiden Jokowi membaca komik Doraemon adalah salah, demikian dikutip laman turnbackhoax, Kamis (15/4/2021).

Baca: Hai Facebooker, Beredar ‘Pemblokiran Facebook’, Awas Jebakan Pencurian Kata Sandi

Gambar tersebut telah disunting pada bagian cover komik, komik yang sedang dibaca Jokowi adalah komik Si Juki bukan Doraemon dengan demikian hal tersebut masuk kategori konten yang dimanipulasi.

0 Komentar