Ad 970x250

Insiden Perahu Terbalik di Waduk Kedung Ombo, 6 Korban Ditemukan Tewas Tim SAR Masih Mencari 3 Lainnya

202105152046 main.cropped 1621086393
Sejumlah sukarelawan saat mengevakuasi korban perahu tenggelam di di Waduk Kedung Ombo (Foto: ANTARA)

BERITA-Tim SAR gabungan berhasil menemukan enam dari sembilan korban penumpang perahu tenggelam di Waduk Kedung Ombo (WKO) Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, 15 Mei petang.

Kepala Bidang Darurat BPBD Kabupaten Boyolali Kurniawan Fajar Prasetyo selaku koordinator pencarian korban tenggelam mengatakan, hingga pukul 18.45 WIB, pihaknya masih mencari 3 orang lainnya. 

Baca: Kisah Jembatan Tua dan Sungai Kuno Ciasem, Ada Ular Lembu Mirip Kuda Nil

Keenam korban perahu tenggelam ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan identitas korban karena masih diidentifikasi. 

Ia mengatakan SAR gabungan dan sukarelawan akan terus melakukan pencarian ketiga korban yang belum ditemukan dengan operasi senyap hingga pukul 21.00 WIB.

“Tim penyelam dan tim perahu LCR melakukan operasi senyap hingga pukul 21.00 WIB. Jika belum ditemukan ketiga korban akan dilanjutkan pencarian pada Minggu (16/5), mulai sekitar pukul 07.00 WIB,” kata Kurniawan.

Tim SAR gabungan terdiri dari BPBD Boyolali, TNI, Polri, Basarnas dan relawan dengan total seluruhnya sekitar 300 hingga 400 relawan dikerahkan dalam pencarian korban perahu tenggam di Waduk Kedung Ombo (WKO) Dukuh Bulu Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali.

“Saya sebagai koordinator operasi pencarian korban, SAR telah menemukan enam korban dalam kondisi meninggal dunia, sehingga kurang tiga korban lain yang belum ditemukan,” kata Kurniawan.

Sebelumnya, sebuah perahu yang ditumpangi wisatawan lokal mengalami kecelakaan air tenggelam di Waduk Kedung Ombo Dukuh Bulu Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, pada Sabtu, dan 9 korban masih dalam pencarian.

Menurut Kepala Polsek Kemusu Polres Boyolali AKP Cahyo Nugroho perahu yang ditumpangi sekitar 20 orang tersebut mengalami tenggelam saat akan makan menuju di Warung Apung Dukuh Bulu Desa Wonoharjo Kemusu sekitar pukul 11.00 WIB.

Namun, dari 20 korban penumpang perahu yang tenggelam tersebut 11 orang berhasil diselamatkan dan sembilanorang lainnya belum ditemukan. (*)