Spiral: Misteri Pembunuhan Berantai Polisi Korup

Spiral: Misteri Pembunuhan Berantai Polisi Korup
0 Komentar

BERITAFilm Spiral adalah upaya penyegaran terhadap franchise SAW yang sudah berusia 15 tahun lebih. Apabila film-film sebelumnya lebih berfokus pada teka-teki mematikan Jigsaw, Spiral menekankan misteri dan investigasi. Nah, agar perubahan tersebut tetap memiliki spirit asli franchisenya, Darren Lynn Bousman dari Saw II-IV kembali didapuk sebagai sutradara.

Kisah Spiral disampaikan dari sudut pandang dua detektif, Zeke Banks (Chris Rock) dan William Schenk (Max Minghella). Keduanya bekerja untuk departemen kepolisian yang sarat akan pejabat korup. Adapun mereka ditugaskan untuk menyelidiki berbagai pembunuhan yang memiliki koneksi ke kasus-kasus di masa lalu.

Semakin jauh Banks dan Schenk melangkah, keduanya mulai menyakini bahwa kasus-kasus yang mereka selidiki berkaitan dengan kejahatan kepolisian. Keyakinan itu makin kuat ketika kolega mereka mulai diculik satu per satu dan ditempatkan di permainan mematikan. Kadung masuk terlalu dalam, Banks dan Schenk tak memiliki pilihan selain terlibat dalam permainan yang ada.

Baca Juga:Tunggu Para Penyembah Khilafah Berjihad ke Palestina, Teddy Gusnaidi: Jangan Hanya Ngebacot Itu Namanya KhilacotAmerika Serikat Back Up Israel, China Tegas Dukung Palestina

Di atas kertas, premis Spiral terdengar mirip dengan film-film Saw sebelumnya. Film ini masih melibatkan predatory death-dealing di mana korban dilibatkan dalam permainan mematikan bertema khusus. Saw I bertema escape room, Saw II bertema escape house, Saw III bertema meat factory, dan masih banyak lagi. Spiral bertema police brutality. Bedanya, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Spiral tidak menekankan pada permainan mematikan, tetapi investigasi untuk mengungkap siapa di balik permainan itu, apakah Jigsaw dari film-film sebelumnya atau seorang copycat.

Pendekatan yang diambil membuat Spiral lebih seperi CSI: Saw dibanding film Saw. Pembunuhan, kesadisan, dan permainan tetap ada, namun penonton tidak akan menemukannya dalam kuantitas sebanyak film-film sebelumnya. Sepanjang film, penonton akan lebih banyak melihat Banks dan Schenks mencoba mengungkap misteri di hadapan mereka.

Bagi beberapa orang, pemilihan itu bisa menjadi deal breaker. Apa yang membuat Saw dikenal nyaris hilang pada Spiral. Namun, bagi penonton yang sudah mulai bosan terhadap predatory death-dealing, Spiral adalah sebuah eksperimen yang patut dicoba. Untungnya, Spiral 100 persen lulus dari sensor sehingga tak ada adegan adegan sadis yang di-cut dari film (Mortal Kombat uhuk uhuk).

0 Komentar