Ad 970x250

Kawah di Kedalaman 839 Meter Diameter 38 Meter Diduga Tempat Jasad 53 Awak KRI Nanggala 402

d50deyqbhdfvdg9pd4is
Posisi kawah yang berwarna hijau dalam pemetaan yang sudah dilakukan - WIB

BERITA-Kapal Tan Suo Er Hao milik China menemukan kawah di lokasi tenggelamnya KRI Nanggala 402 di perairan Bali utara. Di kawah itu, diduga badan tekan (pressure hull) kapal yang di dalamya berisi 53 awak KRI Nanggala.

“Bahwa kawah itu tempat badan tekan atau obyek lain masih belum bisa ditentukan. Ini masih perkiraan saja,” kata Panglima Komando Armada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto dalam jumpa pers di markas Pangkalan Angkatan Laut Denpasar, Selasa (18/5/2021).

Baca: Penampakan Kawah Misterius Diduga Lokasi Badan Tekan KRI Nanggala Terkubur

Kawah itu berada di kedalaman 839 meter dengan diameter kurang lebih 38 meter dengan kedalaman kawah 10-15 meter.

Isnurwanto menjelaskan, kapal milik China itu sudah tiga kali melakukan operasi di sekitar kawah, tapi masih belum bisa mengetahui apa isi kawah itu. “Belum kelihatan. Hanya menemukan kawah, belum tahu isinya apa,” paparnya.

Kendala lainnya, kondisi kawah saat ini sudah tertutup lumpur. “Dengan fasilitas saat ini, multi sonar beam dan deteksi logam tidak mampu menembus,” ungkapnya.

Baca: Dokumen Pertemuan Mufti Agung Yerusalem Haji Amin al-Husseini-Hitler Ungkap Tuduhan Netanyahu Salah

Meski demikian, tim akan berupaya semaksimal mungkin mencari KRI Nanggala 402 dengan memperluas area pencarian di sekitar kawah. “Ini menjadi salah satu fokus pencarian,” tutup Isnurwanto. (*)