Ad 970x250

Tokoh Sekuler Turki Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan, Ini Penjelasan Wagub DKI

Mustafa Kemal Attaturk
Mustafa Kemal Attaturk

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan penjelasan mengenai tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama salah satu jalan di Jakarta. Menurut Riza, penamaan jalan tersebut merupakan bagian dari kerja sama antara Indonesia dengan Turki.

“Jadi, insyaallah bagian dari kerja sama antara Indonesia dan Turki,” ujar Riza di Klender, Jakarta Timur, Minggu (17/10/2021).

Riza mengatakan Turki menginginkan nama tokoh bangsanya dijadikan nama jalan di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, nama tokoh bangsa Indonesia menjadi nama jalan di Turki.

“Jadi, memang ada keinginan dari kita dan pemerintah Turki agar ada nama (tokoh) dari kita di (salah satu jalan) Turki dan nama tokoh dari Turki (menjadi nama jalan di Indonesia),” tutur Riza.

Terkait nama lokasi jalan yang diberi nama Mustafa Kemal Ataturk, Riza belum menyebutkan secara pasti dan detail. Pada waktunya, kata Riza, akan disampaikan.

Seperti diberitakan, Duta Besar RI di Ankara, Muhammad Iqbal mengatakan Indonesia berencana mengganti nama salah satu jalan di daerah Menteng dengan nama tokoh sekuler Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Nama jalan ini rencananya akan diresmikan saat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Indonesia pada awal 2022. Pemberian nama jalan untuk Mustafa Kamal Ataturk disebut sebagai upaya balasan atas langkah pemerintah Turki yang akan memberi nama jalan di depan KBRI Ankara dengan nama “Ahmet Soekarno”. (*)