DPR Umumkan Jumat Besok Andika Jalani Fit & Proper Test, Minggu Depan Dilantik

jumat besok andika jalani fit proper test minggu depan dilantik 98157
Anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldi Adithyo (Foto: Golkarpedia)

KLIKSATU.COM-Anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldi Adithyo mengumumkan, DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, pada Jumat (5/11) mendatang.

Agenda ini dipercepat, agar Andika yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), dapat segera dilantik menjadi Panglima TNI. Menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, yang akan pensiun 5 hari lagi.

“Direncanakan hari Jumat, sehingga pekan depan bisa dilantik,” kata Bobby saat dihubungi RM.id, Rabu (3/11).

Seperti diketahui, Hadi Tjahjanto akan memasuki akhir purna tugas pada 8 November mendatang. Sedangkan masa pensiunnya, berakhir pada awal Desember.

“Walun masa tugas Panglima TNI selesai tanggal 8 November, tetapi pensiunnya mulai 1 Desember. Jadi, tidak ada masalah administrasi dalam transisi pergantian ini,” ujar politisi partai Golkar itu.

Bobby menilai, Presiden Jokowi tidak salah pilih menunjuk Andika sebagai calon tunggal penerus Hadi. Sebab, menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu merupakan kepala staf terlama di antara kandidat lainnya.

Asal tahu saja, Andika menjabat KSAD sejak 22 November 2018. Sementara Marsekal TNI Fajar Prasetyo menjabat KSAU sejak 20 Mei 2020. Sama seperti Laksamana TNI Yudo Margono menjabat KSAL.

“Cocok. Pengalaman menjadi kepala staf paling lama, sejak 2018. Banyak teroboson dalam penegakan disiplin prajurit. Pengalaman paling lengkap, bukan hanya di satuan elit,” papar Bobby.

Dengan berbagai tugas yang pernah diemban Andika, Bobby optimis wajah TNI akan menjadi lebih baik.

“Jenderal Andika pernah menjadi Komandan Lapangan dan Komandab Paspampres, intelijen di Bais TNI, dan sempat di Departemen Pertahanan tahun 2001. Selamat dan sukses, agar bisa segera bertugas dengan amanah,” tutur Bobby.

Presiden Jokowi telah mengusulkan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Melalui Surat Presiden yang diantar langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke DPR. (*)