SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ada Uang Baru TE 2022, Uang Lama Masih Laku sampai dengan…

uang baru 2022
uang baru 2022

Uang Tahun Emisi (TE) 2022 baru hadir di masyarakat. Dengan hadirnya uang baru TE 2022, apakah uang lama masih laku sebagai alat pembayaran? Pemerintah dan Bank indonesia (BI) meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah baru tahun TE 2022.

Uang baru TE 2022 ini resmi dikeluarkan pada Kamis (18/8) di Jakarta. Ketujuh pecahan uang baru 2022 ini telah resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di Indonesia bertepatan dengan hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022.

Erwin juga menjelaskan bahwa uang baru 2022 memiliki desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Ini dimaksudkan agar uang rupiah makin mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan.

Baca JugaNuning Fuad Hasyim Bertekad Kembalikan Kejayaan Partai GolkarJadwal Persib Bandung: Usai Kalahkan Barito 5-2, Bigmatch Lawan Persija Menanti

“Serta lebih sulit untuk dipalsukan, sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya dan menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Erwin.

Adapun pengeluaran uang baru TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Baca JugaPosisi Irianto Jadi Bek Kanan Persib saat Bertemu PSIS dinilai BaikChris Evans: Sang Captain America Lagi Fokus Cari Jodoh

“Seluruh Uang Rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia,” ujar Erwin.

Sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

Cara menukarkan uang baru 2022

Masyarakat dapat menukar uang baru 2022 melalui dua cara. Pertama, masyarakat dapat menukarkan uang baru 2022 melalui kantor layanan bank umum.

Baca JugaManchester United Incar Benjamin Sesko untuk StrikerAsnawi Mangkualam Catat Assist saat Ansan Greeners Bertemu Chungham Asan

Kedua, masyarakat dapat menukarkan uang baru 2022 di kas keliling yang disediakan BI. Pemesanan penukaran uang baru 2022 melalui kas keliling bisa dilakukan lewat aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang baru mulai tanggal 19 Agustus 2022.

Tidak ada biaya apapun dalam penukaran uang baru TE 2022 ini. Artinya, jumlah uang baru 2022 yang ditukarkan senilai dengan uang lama.

Baca JugaHasil Japan Open 2022: Fajar Rian Satu-satunya Ganda Putra yang LolosPrediksi Liga 1: Bali United vs Persik Kediri, Bali United Masih Diunggulan

Erwin mengingatkan, pelaksanaan penukaran uang baru TE 2022 dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Kirim Komentar