970x250

Kisah KKN di Desa Penari dan Cerita Horor yang Viral di Internet

EDSyVB0VAAAQ4t

KISAH horor “KKN di Desa Penari” menyebar di media sosial Twitter dan mendapat atensi tinggi dari warganet. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah retweet dan like di Twitter. Hingga Senin (2/9/2019) pukul 13.50 WIB, kisah yang diunggah akun @SimpleM81378523 ini mendapat 32 ribu retweet dan 78 ribu likes. 

Sebelum “KKN di Desa Penari” warganet Indonesia pernah dihebohkan dengan cerita “Keluarga Tak Kasat Mata” yang diunggah akun intansegara di Kaskus. Kisah ini menjadi viral hingga diangkat menjadi novel dan film berjudul sama pada 2017.

Novel Keluarga Tak Kasat Mata ditulis Bonaventura Genta, seseorang yang mengalami kisah horor tersebut di kantornya.

Dikutip dari situs web Film Indonesia, cerita dimulai saat kantor Genta di Yogyakarta pindah ke sebuah bangunan baru. Genta bersama rekan-rekannya mulai mengalami kejadian di luar nalar. Malam-malam mereka menjadi momen penuh ketegangan.

Satu persatu karyawan dihadapkan dengan sosok-sosok yang ingin berpesan. Dugaan terus muncul, dan menimbulkan banyak pertanyaan. Akhirnya Genta dan kawan-kawan terpaksa meminta bantuan seseorang.

Mereka percaya ada satu misteri yang harus segera diselesaikan. Melalui Rere satu per satu misteri mulai terpecahkan. Genta yang penasaran, harus mencari tahu sendiri jawaban atas pertanyaannya.

Selain dua kisah tersebut, berikut ini beberapa kisah horor yang viral di internet, sebagaimana diwartakan Digital Trends.

Slender Man

Kisah tentang seorang pria kurus tinggi ini sekarang telah muncul di film, video gim, buku, dan lain-lain. Cerita berawal dari forum Something Awful pada 2009 ketika seorang pengguna membuat utas untuk mengunggah foto menyeramkan, boleh asli atau dari Photoshop.

Foto yang paling menarik diunggah Victor Surge yang menampilkan sosok tinggi berupa bayangan hitam. The Slender Man menjadi populer sejak saat itu. Karakter ini menyebar luas bahkan hingga di luar forum. Semakin banyak orang yang menambahkan cerita mereka sendiri.

SCP Foundation

Untuk orang yang pertama kali mengunjungi situs web SCP Foundation mungkin tak akan menemukan hal aneh. Laman SCP seolah menyembunyikan kisah-kisah seram di dalamnya. Situs yang digerakkan komunitas ini merupakan basis data SCP, sebuah kelompok internasional yang didedikasikan untuk mengumpulkan benda-benda terkait makhluk gaib.

Situs web ini menampilkan berbagai subjek yang dikelola SCP, dari entitas duniawi seperti SCP-021 yaitu sebuah parasit yang berwujud tato, hingga SCP-087 yang merupakan monster abstrak, berupa tangga gelap tempat orang mengalami hal-hal mistis.

Lavender Town Syndrome/Pokemon Black

Ketika Pokémon masuk Amerika Serikat pada akhir tahun 90-an, internet masih merupakan tempat yang misterius di mana rumor dapat menyebar dan banyak legenda bermunculan tentang permainan asli, Pokémon Red dan Blue.

Desas-desus yang muncul bermacam-macam, misalnya sebuah truk yang di dalamnya terdapat Pokémon Mew yang langka. Yang paling parah beberapa rumor yang beredar menunjukkan setelah game asli keluar di Jepang , banyak anak melakukan bunuh diri setelah mendengar musik tema menyeramkan dari Lavender Town.

Anansi’s Goatman Story

Cerita ini tidak setenar cerita lain di atas, tetapi cerita ini menonjol karena diceritakan dalam bentuk prosa, seolah tidak dipoles dan benar-benar ditulis orang biasa.

Cerita berawal dari papan paranormal yang meminta sekelompok anak untuk pergi ke hutan hanya untuk membuktikan mereka tidak “sendirian” di dalam huam tersebut.

Candle Cove

Meski tidak setenar Slender Man, permulaan Candle Cove mirip dengan Slender Man, dimulai dari unggahan di sebuah forum. Cerita ini sampai menghasilkan fiksi dari para penggemar dan dibuat serial televisi.

Ditulis oleh kartunis web, Kris Straub, cerita asli Candle Cove adalah serangkaian unggahan di mana para pengguna mengingat acara yang ditonton ketika kecil, Candle Cove, yang menampilkan boneka-boneka yang mengganggu.

Warganet yang ingin membaca kisah-kisah horor di internet bisa dilihat di situs web Creepy Pasta. Dalam situs web itu, terdapat kisah-kisah horor dengan banyak kriteria. Bahkan, Creepy Pasta juga membuat peringkat untuk cerita-cerita horor tersebut. (*)