SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaNasionalLarangan Rekam di Ruang Sidang, Begini Penjelasan Mahkamah Agung

Larangan Rekam di Ruang Sidang, Begini Penjelasan Mahkamah Agung

Sejarah Mahkamah Agung
Mahkamah Agung RI

JAKARTA-Mahkamah Agung menjelaskan soal Peraturan MA (Perma) Nomor 5 Tahun 2020 yang melarang memfoto hingga merekam selama proses sidang.

“Bukan untuk membatasi transparansi, tetapi lebih merupakan sebuah perangkat/pengaturan untuk mewujudkan peradilan yang berwibawa di mana aparat peradilan yang bersidang serta pihak-pihak lain yang berkepentingan, termasuk para jurnalis, tentunya merasa aman berada di lingkungan pengadilan,” kata juru bicara Mahkamah Agung Andi Samsan Nganro, Sabtu (19/12).

Andi membantah jika aturan dalam Perma Nomor 5 Tahun 2020 ini untuk membatasi ruang gerak dalam peliputan di persidangan. Menurutnya, aturan tersebut dimaksudkan hanya untuk keamanan dan ketertiban saat sidang berlangsung.

Baca JugaSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSIManchester City Rekrut Sergio Gomez dari Anderlecht

“Kalau aturan yang dicabut oleh Ketua MA sifatnya aturan khusus yang mengatur tata tertib dalam meliput/mengambil gambar di persidangan. Sedangkan aturan dalam Perma Nomor 5/2020 lebih bersifat umum untuk mengatur protokoler persidangan dan keamanan di lingkungan pengadilan,” tandas Andi. (*)

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya