970x250

Nama Baru Facebook Jadi Meta

202110290234 main.cropped 1635449704
Mark Zuckerberg (Sumber: Qz)

KLIKSATU.COM-Nama baru Facebook telah diumumkan. Perusahaan Mark Zuckerberg itu akan berganti nama menjadi Meta.

Penggantian nama ini berarti Facebook bukan lagi nama perusahaan secara menyeluruh –yang semula juga membawahi Instagram dan WhatsApp– tapi hanya jadi merek anak perusahaan yang mengoperasikan layanan media sosial bernama sama.

Pengumuman ini disampaikan Zuckerberg secara langsung di tengah konferensi virtual reality dan augmented reality Facebook Connect. Menurut Zuckerberg ini sejalan dengan fokusnya yang berkembang ke arah metaverse, yang mengacu pada upaya menggabungkan teknologi virtual dan augmenten reality di ranah online baru.

Selain lebih mencerminkan ambisi masa depan perusahaan, rebranding juga dianggap efektif merombak reputasi Facebook, setelah serangkaian mimpi buruk soal pengelolaan perusahaan, kegagalan moderasi konten, dan tekanan tentang efek negatif Facebook terhadap kesehatan mental beberapa penggunanya.

“Saya telah banyak berpikir tentang identitas kami saat kami memulai bab berikutnya. Facebook adalah salah satu produk yang paling banyak digunakan dalam sejarah dunia,” kata Zuckerberg, dikutip CNN, Kamis, 28 Oktober waktu setempat.

Menurut Zuckerberg, meski Facebook adalah merek media sosial yang ikonik, tapi brand image Facebook tak pernah benar-benar menggambarkan apa yang dilakukan oleh dirinya dan seluruh tim di dalam perusahaan.

“Hari ini kami terlihat sebagai perusahaan media sosial … tetapi dalam DNA kami, kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk menghubungkan orang. Dan metaverse adalah batas berikutnya, seperti halnya jejaring sosial ketika kami memulai.” (*)