Suhu Mencapai 50 Celcius, Gelombang Panas Landa India Saat Pandemi Corona

Seorang pekerja meneguk air dari botol saat ia beristirahat dekat taman di New Delhi dan terjadi gelombang panas pada Rabu (27/5). Gelombang panas yang melanda di India mengakibatkan sejumlah wilayah mencatatkan suhu udara hingga mencapai 50 derajat Celsius. (Foto : AFP/Jewel SAMA)
0 Komentar

NEW DELHI – Gelombang panas dilaporkan telah melanda India pada Selasa (26/5) malam dengan sejumlah wilayah menunjukkan suhu udara mencapai 50 derajat Celsius. Gelombang panas kali ini pun tercatat yang terpanas selama 2 dekade terakhir.

“Suhu terpanas tercatat terjadi di Churu di Negara Bagian Rajastan pada Selasa dengan temperatur mencapai 50 derajat Celsius,” demikian pernyataan pejabat di Dinas Meteorologi India.

“Sebagian wilayah Punjab, Haryana dan Uttar Pradesh suhu udara tercatat diatas 40 derajat Celsius. Sementara sebagian wilayah New Delhi suhu tercatat mencapai 47,6 derajat Celsius,” imbuh pejabat itu.

Baca Juga:Bunaken Kepulauan, Kecamatan Tanpa COVID-19Satu Keluarga Terseret dan Tenggelam saat Mandi di Laut

Dinas Meteorologi India memperkirakan gelombang panas ini akan terus berlanjut selama beberapa hari ke depan. Sejauh ini belum ada laporan korban tewas akibat gelombang panas yang melanda India.

Sejak terjadi gelombang panas pada 2015 hingga saat ini tercatat sudah 3.500 tewas di India akibat bencana alam ini. Gelombang panas juga mengakibatkan pada berkurangnya pasokan air yang amat parah di India.

Tahun lalu Kota Chennai menjadi pemberitaan internasional setelah terjadi kekurangan air parah di seluruh kota itu. (afp)

0 Komentar