Masih Sering Hujan, Ini Penjelasan BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia

Masih Sering Hujan, Ini Penjelasan BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia
Peralihan ke musim kemarau, potensi hujan berkurang di wilayah Indonesia (dok. BMKG)
0 Komentar

Sementara kelembapan udara minimum di bawah 60 persen, terpantau terjadi di sebagian wilayah di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, sebagian Jawa Timur, dan Riau.

“Secara klimatologis, bulan April-Mei-Juni memang tercatat sebagai bulan-bulan di mana suhu maksimum mengalami puncaknya di Jakarta, selain Oktober-November. Pola tersebut mirip dengan pola suhu maksimum di Surabaya, sementara di Semarang dan Yogyakarta, pola suhu maksimum akan terus naik secara gradual pada bulan April dan mencapai puncaknya pada bulan September-Oktober,” jelas Herizal.

3. Pemanasan global

Herizal menyebut meningkatnya suhu di Indonesia juga terjadi akibat fenomena pemanasan global.

Baca Juga:Khawatir Wabah Corona, Napi Ngamuk dan Bakar Bagian Lapas SorongWHO Sebut Krisis Corona akan Bertahan Lama

“Tren suhu udara yang terus meningkat itu tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di banyak tempat di dunia yang kemudian kita kenal sebagai fenomena pemanasan global,” tegasnya.

BMKG menggunakan data dari Badan Meteorologi Dunia (WMO) tanggal 15 Januari 2020 yang menyatakan bahwa tahun lalu merupakan tahun terpanas kedua sejak 1850. Analisis BMKG juga menunjukkan hal serupa untuk suhu rata-rata di wilayah Indonesia, yang mana pada 2019 merupakan tahun terpanas kedua sejak 2016.

Suhu rata-rata pada 2019 itu lebih hangat 0,95 derajat celsius dibanding suhu rata-rata klimatologis periode 1901-2000.

Berdasarkan analisis BMKG, tren peningkatan suhu juga disebabkan oleh tren pemanasan di lautan. Terpantau suhu permukaan laut terhangat dalam enam tahun terakhir.

Sementara di daratan, berdasarkan analisis data sejak 1866 terjadi kenaikan suhu yang mencapai 2,12 derajat celsius dalam periode 100 tahun terakhir.

Kemudian menghangatnya suhu muka air laut yang dapat memicu semakin sering atau makin menguatnya kejadian badai tropis di wilayah selatan atau utara Indonesia. 

0 Komentar