Ad 970x250

Malam Ini, Bareskrim Polri Gelar Reka Ulang Kasus Penembakan 6 Pengawal Habib Rizieq Shihab

Tol Jakarta Cikampek 50KM
Tol Jakarta Cikampek 50KM

JAKARTA – Bareskrim Polri bakal menggelar rekonstruksi kasus penembakan enam pengikut Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada Minggu (13/12) malam nanti. Polri mengundang sejumlah pihak seperti Komnas HAM hingga Kompolnas guna menghadiri giat tersebut.

“Rekonstruksi itu adalah reka ulang, itulah yang akan dilaksanakan malam nanti sampai dini hari,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian saat dikonfirmasi, Minggu (13/12).

Ia mengungkapkan, proses rekonstruksi tersebut digelar secara terbuka. Adapun prosesnya bakal dimulai pada 23.00 WIB dengan titik kumpul di Polres Karawang.

“Ada beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Karawang (yang akan direkonstruksi),” ungkapnya.

Lebih lanjut diterangkannya, pihak yang akan turut serta dalam rekonstruksi antara lain penyidik gabungan Polri dan Polda Metro Jaya.

“Yang dihadirkan dalam proses rekonstruksi yaitu penyidik Gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim, proses rekonstruksi bersifat terbuka dengan mengundang Komnas HAM, Kontras, Amnesti Internasional dan Kompolnas,” tandasnya.

Adapun sebelumnya Polda Metro Jaya menyatakan dalam peristiwa yang terjadi pada Senin (7/12) dini hari pukul 00.30 WIB di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50 itu, enam orang pengikut Rizieq Shihab ditembak mati lantaran melakukan penyerangan terhadap petugas yang sedang bertugas melakukan penyelidikan.

Petugas disebut diserang saat menyelidiki informasi soal rencana pengerahan massa untuk mendukung Rizieq Shihab yang akan menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya.

Namun, keterangan tersebut berbeda dari yang disampaikan pihak FPI sehingga Komnas HAM sebagai lembaga independen melakukan penyelidikan untuk mengungkap peristiwa sesungguhnya. (riz/fin)