Ad 970x250

Begini Lacak Insiden Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 Dalam Format 3D

Visualisasi data penerbangan Sriwijaya Air SJ-182 (Flightradar24)
Visualisasi data penerbangan Sriwijaya Air SJ-182 (Flightradar24)

JAKARTA – Insiden kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 bisa dilacak secara bebas lewat aplikasi dan website Flightradar24. Flightradar24 merupakan platform yang menyediakan pelacakan penerbangan global dalam waktu langsung.

Layanan ini bisa diakses melalui aplikasi maupun. Baik lewat smartphone dengan menggunakan aplikasi. Pun juga bisa lewat desktop dengan membuka website.

Dari kedua platform tersebut, pengguna bisa melacak penerbangan yang berlangsung di seluruh dunia dalam waktu langsung. Cukup ketikkan nomor penerbangan dalam kotak yang tersedia, maka layar pun bakal menampilkan rute serta rekaman kondisi penerbangan.

Hanya saja, rekaman yang disajikan cuma dalam format 2D. Namun, Anda juga bisa melihat visualisasi penerbangan Sriwijaya Air SJ-182 dalam format 3D dengan memanfaatkan layanan Google Earth.

Visualisasi data dalam format 3D ini tentu bisa membantu penyelidik dan masyarakat luas dalam memahami kondisi penerbangan yang jatuh di sekitar. Pasalnya, selain memberi gambaran atas posisi pesawat, visualisasi 3D juga bisa menyajikan gambaran terkait ketinggian, percepatan, serta arah pesawat.

cara menampilkan visualisasi penerbangan sriwijaya air sj 182 dalam format 3d

Untuk memvisualisasikan data penerbangan Sriwijaya Air SJ-182 dalam format 3D, kita harus mengunduh data KML (keyhole markup language) dari penerbangan tersebut. Data ini bisa diunduh lewat aplikasi maupun website Flightradar24.

Hanya saja, pengguna wajib membayar biaya berlangganan untuk mengunduh data tersebut. Jadi, disarankan agar Anda melakukannya jika ingin mendapatkan visualisasi yang lebih jelas dari peristiwa ini.

Untuk mengunduh data penerbangan, buka website atau aplikasi Flightradar24. Pada website, caranya sebagai berikut:

  • Buka website Flightradar24
  • Klik menu Data/History, kemudian klik menu Search
  • Pada kolom Search for Flight (by flight number), ketikkan kode penerbangan yang dimaksud. Dalam hal ini adalah kode SJ-182.
  • Pada kolom tanggal 9 Januari 2020, klik tombol KML yang terletak di sebelah kanan untuk mengunduh data penerbangan
  • Simpan data tersebut pada ponsel, komputer, atau laptop Anda

Begitu data terunduh, import file KML itu pada laman Google Earth. Lebih lengkap, berikut ini langkah-langkah menampilkan data Flightradar24 pada Google Earth:

  • Buka situs earth.google.com
  • Klik tombol Projects yang terletak di sebelah kiri dari layar lalu klik Open
  • Pilih file KML yang sudah tersimpan agar bisa di-import ke dalam Google Earth
  • Tunggu beberapa saat, maka Anda bisa menyaksikan visualisasi data penerbangan Sriwijaya Air SJ-182 dalam format 3D.

Visualisasi data ini memiliki beberapa kelebihan selain yang sudhah disebutkan di atas. Anda juga bisa mengubah sudut pandang hingga 360 derajat melalui menu yang berada di pojok kanan bawah dari layar.