970x250

Bendera Merah Putih di Rusuh Capitol Hill, Ini Penjelasan KBRI

ErG7zMeVkAgDm5O
Foto: Akun Twitter @snydez

WASHINGTON DC-Warganet dikejutkan dengan penampakan bendera merah putih di tengah aksi kerusuhan Capitol Hill pada Rabu (6/1). Penampakan itu tertangkap kamera dalam pemberitaan kerusuhan serta diunggah juga di media sosial, serta tersebar di WAG. Terlihat dari kejauhan bendera berwarna merah putih berada di antara massa pendukung Trump.

Warganet pun ramai membahas mengapa ada bendera merah putih di sana.

Namun saat dicermati lagi rekaman video itu, ternyata itu bukan bendera merah putih.   

Sekilas bendera itu tampak seperti bendera Indonesia. Padahal itu adalah bendera negara bagian di Amerika Serikat, yaitu North Carolina. Ada garis biru dan logo di sisi kiri warna merah putih, yang tidak terlihat saat tertangkap kamera, sehingga yang nampak hanya warna merah putih saja.

Dari percakapan di Twitter, beberapa warganet mengatakan, hasil secreenshoot berbeda dengan rekaman video. Saat video bergerak, maka terlihat warna biru beserta logo negara North Carolina.

Bendera merah putih yang berkibar di tengah demo di Capitol Hill ialah bendera negara bagian North Carolina. Sekilas, bendera ini memang mirip bendera Indonesia dengan didominasi warna merah putih.

Namun, jika dilihat secara detail, dalam bendera tersebut terdapat area biru bertulis huruf N dan C yang mengapit satu bintang. Tidak hanya itu, di atas dan di bawah tulisan N dan C juga terdapat dua pita yang bertuliskan ‘May 20th 1775’ dan ‘April 12th 1776’.

Tulisan ‘May 20th 1775’ sendiri memiliki makna pada tanggal deklrasai kemerdekaan Meckleburg dari Britania Raya. Sementara tulisan ‘April 12th 1776’ merujuk pada penghormatan Halifax Resolves.

Desain bendera ini digunakan negara bagian North Carolina sejak tahun 1885. Namun, sebelumnya terjadi berbagai perubahan sedikit khususnya di bagian ukuran dan penghapusan dua koma.

Bendera merah putih memang tidak hanya dimiliki Indonesia. Bahkan, beberapa negara memiliki bendera dengan warna serupa bendera Indonesia seperti Monako dan Polandia.

Kedutaan Besar RI untuk Amerika Serikat juga sudah buka suara. Mengutip laporan CNN, kedutaan mengatakan bahwa itu bukanlah bendera merah putih.

“Soal bendera, itu adalah bendera negara bagian North Carolina. Tidak betul sama sekali bahwa itu bendera Indonesia,” kata Sekretaris II Fungsi Penerangan KBRI Washington DC, Denny Zaelani. (*)